Advertisement

Tiga Hari Hujan, Delapan Pohon di Bantul Tumbang

Catur Dwi Janati
Sabtu, 13 November 2021 - 08:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tiga Hari Hujan, Delapan Pohon di Bantul Tumbang Sukarelawan kebencanaan mengevakuasi pohon tumbang di wilayah Tempel, Jumat (28/2/2020). - Istimewa/BPBD Sleman\\n

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-Tiga hari dilanda hujan, delapan pohon di Bantul ambruk. Beberapa di antaranya bahkan menimpa rumah warga.

Plt. Kepala BPBD Bantul, Agus Yuli menyampaikan pada Jumat (12/11/2021) dua pohon kembali tumbang pasca didera hujan berjam-jam. Total, selama tiga hari sudah delapan pohon tumbang terlaporkan terjadi di Kabupaten Bantul. Setidaknya sudah ada empat rumah tertimpa pohon akibat pohon tumbang.

Advertisement

"Hari ini [Jumat] di Sidomulyo Bambanglipuro pohon kepala berdiameter 40 cm tumbang dan menimpa rumah warga. Hujan yang berdurasi lama menyebabkan tanah gembur," jelasnya.

Akibat tumbangnya pohon, setidaknya 150 genting dan tiga usuk rumah warga rusak. "Satu dag listrik juga patah," tambahnya.

Baca juga: Ada Anomali di Laut Pasifik! Ini Penyebab Curah Hujan di DIY Naik hingga 60 Persen

Sementara itu di Argomulyo, Sedayu Agus menerangkan pohon tumbang juga menimpa rumah warga. Dampak yang diakibatkan pun tak jauh beda yakni di antaranya 200 genting pecah, 10 batang usuk rusak dan satu blandar rusak.

"Kalau di Argomulyo yang tumbang pohon melinjo. Diamternya 50 cm, atap rumahnya jadi bolong dan membahayakan penghuni rumah," tuturnya.

Masih banyaknya kejadian pohon tumbang membuat Agus mewanti-wanti warga untuk giat melalukan pemangkasan pohon yang rawan ambruk. "Apabila ada pohon yang sudah lebat, itu mohon untuk dipangkas. Kedua kalau ada pohon yang kelihatan rapuh, sudah tua itu malah diganti dengan pohon yang muda," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Aniaya Wartawan, Danlanal Ternate Copot Komandan Pos Lanal Hasel

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement