Advertisement

PPKM Level 3, Begini Skenario Pemkab Bantul Batasi Mobilitas

Ujang Hasanudin
Kamis, 18 November 2021 - 19:57 WIB
Bhekti Suryani
PPKM Level 3, Begini Skenario Pemkab Bantul Batasi Mobilitas Kondisi lalu lintas kendaraan di Bantul pada Minggu (11/7/2021) dalam masa PPKM Darurat yang cenderung lengang. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Pemerintah Kabupaten Bantul akan berkoordinasi bersama TNI dan Polri untuk menindaklanjuti keputusan Pemerintah Pusat yang akan memberlakukan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 3 di semua wilayah di Indonsia selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Wakil Bupati Bantul, Joko Budi Purnomo menyatakan Pemkab siap menindaklanjuti keputusan Pemerintah Pusat dengan pemberlakuan PPKM level 3 selama libur Nataru karena tujuannya untuk mengantisipasi melonjaknya kasus Covid-19 selama Nataru, “Prinsip kami siap melaksanakan itu yang diputuskan Pemerintah Pusat,” kata Joko, Kamis (18/11/2021).

Advertisement

Joko mengatakan tanpa ada kenaikan level pun, kata dia, Pemkab telah menyiapkan kebijakan antisipasi melonjaknya kasus Covid-19 di masa libur Nataru. Kebijakan tersebut masih dikoordinasikan dengan kepolisian dan TNI.

BACA JUGA: Mengenal Ngupit Klaten, Daerah yang Disebut Tertua di Indonesia

“Kita koordinasi dengan Polri dan TNI akan melakukan koordinasi untuk penyesuan keputusan yang diputuskan Pusat, kita akan konsen melakukan keputusan itu dan pencegahan supaya tidak terjadi klaster kaitan Nataru,” ujar Joko.

Sebelumnya, Kapolres Bantul, AKBP Ihsan mengatakan Polres akan melakukan penyekatan di sejumlah ruas jalan menuju objek wisata Bantul saat masa liburan Nataru mendatang. Upaya tersebut dilakukan untuk mengurai kepadatan dan menghindari adanya kerumunan di objek wisata di tengah masa pandemi Covid-19 masih terjadi di Bantul.

“Di Jalan Parangtritis tepatnya di simpang empat Druwo mungkin akan kita sekat pada malam Tahun Baru. Kendaraan yang akan menuju Parangtritis [akan dialihkan ke jalur lain]. Ini salah satu cara bertindak kita adalah penyekatan-penyekatan. Wisatawan bisa kita alihkan ke tempat lain,” ujar Ihsan.

Lebih lanjut Ihsan mengatakan Bantul saat ini masuk pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 2 dimana sudah ada kelonggaran aktivitas masyarakat, terbukti sudah mulai banyak wisatawan yang berkunjung ke Bumi Projotamansari ini. Tidak menutup kemungkinan PPKM bisa turun level sehingga kerawanan kerumunan terutama di objek wisata bisa terjadi.

Pihaknya sudah melakukan pemetaan tempat-tempat yang rawan kerumunan maupun tempat yang rawan terjadinya kecelakaan lalu lintas, terjadinya kepadatan kendaraan, maupun gangguan kamtibmas. “Setelah maping kita buat SOP-nya misal di tempat ini rawan kerumunan mungkin penyekatan dan ganjl genap atau kita tutup tempanya jika memungkinkan,” ucap Ihsan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement