Pemasangan Baliho Wajah Anggota DPRD DIY Dinilai Pemborosan Anggaran

Salah satu tangkapan layar baliho yang menampilkan wajah para anggota DPRD DIY yang beredar di media sosial. - ist.
28 November 2021 10:57 WIB Jumali Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Keberadaan baliho bergambar wajah anggota DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di sejumlah titik disorot.

Aktivis Jogja Corruption Watch (JCW) Baharudin Kamba menilai pengenalan para anggota DPRD DIY  dengan menggunakan baliho tidaklah efektif dan berpotensi kearah pemborosan anggaran karena ada yang lebih efektif yakni  forum reses dengan ketemu langsung para konstituennya.

"Dengan menggunakan baliho justru malah menambah daftar inventaris sampah visual selain mengganggu estetika karena sudah cukup banyak baliho-baliho tokoh politik nasional yang nampang juga  dibeberapa sudut, " kata Kamba, Minggu (28/11/2021).

BACA JUGA : DPRD DIY Beri Alarm Antisipasi Lonjakan Covid-19 saat Libur 

Oleh karena itu, Kamba menilai alangkah baiknya anggaran tersebut digunakan untuk membantu penanganan dampak Covid-19 bagi masyarakat miskin.

"Toh tidak harus menggunakan baliho segede gaban untuk mengenalkan para anggota dewan itu tetapi sekarang eranya media sosial," imbuhnya.

Jika pun jika ada, menurut Kamba, anggota DPRD DIY memiliki pemilih basisnya di pedesaan ataupun kaum lansia kan ada forum reses ketemu langsung dengan para konstituennya atau anggota dewan rajin srawung dengan  masyarakat sekitar.

"Jangan mendadak srawung dengan masyarakat sekitar saat mau Pileg saja tetapi tetap konsisten dalam kondisi apapun," paparnya.

BACA JUGA : APBD DIY 2022 Disahkan, Jika Ada Refokusing Disarankan untuk Jadup & Kegawatdaruratan

Sementara Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana mengatakan justru tak tahu-menahu soal pemasangan baliho bergambar pimpinan dan anggota dewan tersebut.

Huda akan meminta Sekretariat DPRD DIY untuk memberikan klarifikasi atas program tersebut.

“Kami akan meminta bagian Sekwan untuk klarifikasi tentang program ini karena kami justru tidak tahu,” katanya.