Advertisement

Awan Panas Merapi Teramati Sejauh 2 Kilometer

Lugas Subarkah
Minggu, 12 Desember 2021 - 23:17 WIB
Sunartono
Awan Panas Merapi Teramati Sejauh 2 Kilometer Tangkapan layar terjadinya awan panas di lereng Barat Gunung Merapi, Senin (6/12/2021) - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Gunung Merapi terpantau mengeluarkan awan panas pada Minggu (12/12) pagi. Sejumlah guguran lava pijar juga terjadi pada dini hari di hari yang sama. Dalam sepekan terakhir, terjadi ratusan guguran lava pijar dan beberapa awan panas.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida, menjelaskan awan panas teramati pada pukul 10.18 WIB. “Tercatat di seismogram dengan amplitudo 27 mm dan durasi 158 detik. Jarak luncur 2 km ke arah barat daya,” ujarnya.

Advertisement

Pada periode pengamatan pukul 00.00 WIB-06.00 WIB di hari yang sama, teramati sebanyak tiga guguran lava pijar dengan jarak luncur maksimal 1 km ke arah barat daya. Pada periode pengamatan yang sama, terjadi 43 gempa guguran, satu gempa hembusan, tiga gempa fase banyak dan satu gempa vulkanik.

Dalam laporan mingguannya, BPPTKG mencatat dalam sepekan terjadi empat awan panas sejauh maksimal 2,2 km ke arah sungai Bebeng dan 190 guguran lava pijar ke arah barat daya yang didominasi ke sungai Bebeng dengan jarak luncur maksimal 2 km.

Berdasarkan analisis morfologi pada foto udara dari kamera Tunggularum, Ngepos, Babadan 2, kubah lava barat daya dan tengah masih mengalami pertumbuhan. Pada kubah lava barat daya saat ini volumenya sebesar 1,6 juta meter kubik dan kubah tengah sebesar 3 juta meter kubik.

Pada aktivitas kegempaan, dalam sepekan terjadi empat gempa awan panas guguran, delapan gempa vulkanik dangkal, 55 gempa fase banyak, 1.020 gempa guguran, 25 gempa hembusan, 10 gempa tektonik. “Aktivitas kegempaan masih relatif tinggi,” katanya.

Dengan tingkat aktivitas ini, status Gunung Merapi masih Siaga. Potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor tenggara-barat daya sejauh maksimal 3 km ke arah sungai Woro dan sejauh 5 km ke arah sungai Gendol, Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement