Advertisement

Januari, Malioboro Masih Ramai Wisatawan

Sirojul Khafid
Senin, 10 Januari 2022 - 08:37 WIB
Budi Cahyana
Januari, Malioboro Masih Ramai Wisatawan Suasana Malioboro, Jumat (24/12/2021) pagi. - Harian Jogja/Sunartono.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Wisatawan di kawasan Malioboro masih banyak pada Januari. Jumlah pengunjung setiap akhir pekan sekitar 2.500 sampai 3.000 orang.

Menurut Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kawasan Cagar Budaya Kota Jogja, Ekwanto penurunan pengunjung akan terjadi saat Februari sampai menjelang Ramadan.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

BACA JUGA: Pemkot Tertibkan Skuter di Sepanjang Malioboro & Tugu Jogja

“Menjelang Idulfitri dan seterusnya nanti mulai [jumlah wisatawan di Malioboro] merangkak naik lagi. Itu dengan asumsi tren-nya masih sama dengan sebelum adanya Covid-19. Jadi kami masih wait and see,” kata Ekwanto, Minggu (9/1/2022).

Untuk menciptakan keamanan pada wisatawan dan warga sekitar, pengecekan one gate system semakin diketatkan. Sehingga semua pengunjung yang menempati parkir di sekitar Malioboro sudah dipastikan melengkapi persyaratan, seperti sudah vaksin sebanyak dua kali.

Di samping itu, petugas di Malioboro mengawasi dan menegur wisatawan yang tidak mematuhi protokol kesehatan. Dalam pantauan masih ditemukan beberapa pengunjung yang melepas maskernya.

"Kami selalu ingatkan wisatawan di sana. Mungkin mereka selesai makan lupa memakai masker lagi, bisa saja seperti itu. Memang sejauh ini belum diberi sanksi, sifatnya persuasif dan teguran saja " kata Ekwanto.

BACA JUGA: Pemerintah Pastikan Ribuan PKL Malioboro Pindah Akhir Januari

Pengetatan dengan one gate system salah satunya sebagai pencegah munculnya kasus Covid-19 varian Omicron. Selain itu, upaya juga dilakukan dengan melakukan tes antigen untuk pelaku usaha di kawasan Malioboro. Setiap hari ada target 30 orang yang dites.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Jogja, Emma Rahmi Aryani mengatakan pemeriksaan tes antigen dilakukan secara acak di setiap komunitas. Hasil rapid test antigen tersebut akan langsung terintegrasi dengan aplikasi Peduli Lindungi. Selain rapid test antigen, di Malioboro juga dibuka gerai vaksinasi untuk pengunjung yang ditujukan untuk vaksinasi dosis kedua dengan menggunakan vaksin Sinovac.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sehari Semalam di Pinggir Sungai, Bayi yang Dibuang di Klaten Dirawat di Sleman

News
| Jum'at, 03 Februari 2023, 20:07 WIB

Advertisement

alt

5 Destinasi Dekat Stasiun Lempuyangan

Wisata
| Jum'at, 03 Februari 2023, 12:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement