Advertisement

BMKG: Cuaca Ekstrem Landa Jogja Hingga Sepekan ke Depan

Abdul Hamied Razak
Kamis, 20 Januari 2022 - 18:52 WIB
Budi Cahyana
BMKG: Cuaca Ekstrem Landa Jogja Hingga Sepekan ke Depan Ilustrasi awan tebal menjelang hujan deras akibat cuaca ekstrem. - Antara/Wahdi Septiawan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMANCuaca ekstrem berupa hujan deras dan angin kencang diprediksi melanda Jogja dan sekitarnya hingga sepekan ke depan.

BMKG meminta masyarakat mewaspadai dampak cuaca ekstrem ini. Hujan lebat dalam dua hari belakangan dipicu oleh peningkatan aktivitas dinamika atmosfer seperti cold surge (seruakan massa udara dingin dari Asia menuju wilayah Indonesia).

BACA JUGA: BPBD Minta Warga Jogja Waspadai Hujan Lebat Sampai 22 Januari

Kepala Staklim BMKG Jogja Reni Kraningtyas menjelaskan pada Januari ini wilayah DIY sudah memasuki puncak musim hujan.

Selain karena cold surge, hujan deras merupakan dampak dari aktifnya fenomena gelombang atmosfer seperti gelombang Kelvin dan Rossby Ekuatorial di beberapa wilayah, pola tekanan rendah yang memicu terbentuknya pumpunan, dan belokan angin yang diperkuat pengaruh udara dalam skala lokal.

“Kondisi tersebut secara signifikan dapat meningkatkan potensi cuaca ekstrem dalam periode sepekan ke depan,” kata Reni kepada Harian Jogja, Kamis (20/1/2022).

BACA JUGA: Aneh! Musim Hujan Tetapi Cuaca di Jogja Cerah

Selama Januari ini curah hujan yang turun berkisar antara 200 hingga 400 mm/bulan. Namun potensi terjadi cuaca ekstrem masih bisa terjadi hingga Februari mendatang. "Ini mengingat wilayah DIY menunjukkan pertemuan angin,” katanya.

Pemangku kepentingan, lanjutanya diharapkan tetap berkoordinasi dengan BMKG, mewaspadai serta bersiap-siap untuk mengantisipasi potensi bencana hidrometeorologi yang akan terjadi di wilayah DIY. Masyarakat juga diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem seperti hujan lebat-sangat lebat yang dapat disertai kilat atau petir, angin kencang, gelombang tinggi, dan sebagainya.

 

Advertisement

 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Periksa Pramugari RDG Airlines Terkait Kasus Lukas Enembe

News
| Senin, 03 Oktober 2022, 14:27 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement