Advertisement

Kapolres Bantul Sebut Bus yang Kecelakaan di Bukit Bego Tak Kuat Menanjak di Mangunan

Ujang Hasanudin
Minggu, 06 Februari 2022 - 21:48 WIB
Budi Cahyana
Kapolres Bantul Sebut Bus yang Kecelakaan di Bukit Bego Tak Kuat Menanjak di Mangunan Bus pariwisata yang menabrak tebing di Bukit Bego, Jalan Imogiri Mangunan, Bantul, Minggu (6/2/2022). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Kapolres Bantul AKBP Ihsan menduga kecelakaan maut yang menimpa bus wisata Santoso Abadi berpelat nomor AD 1507 EH di Bukit Bego, Jalan Imogiri Mangunan, Bantul, terjadi karena rem blong.  Bus sempat tidak kuat menanjak di Mangunan.

Bus tersebut melaju dari arah Mangunan menuju Imogiri dan mengangkut rombongan wisatawan dari Sukoharjo, Jawa Tengah, yang berencana piknik ke Pantai Parangtritis. Namun, di Jalan Imogiri Mangunan, Dusun Kedungbuweng, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, bus oleng. Saat jalan menurun, tiba-tiba bus tidak terkendali. Bus melaju ke kanan masuk ke jalur berlawanan karena ada mobil melaju pelan di depannya.

BACA JUGA: 4 Tahun Lalu, Kecelakaan Maut Bus Wisata juga Terjadi di Bukit Bego Jalan Imogiri Mangunan Bantul

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

“Bus oleng kemudian menabrak tebing [bukit Bego],” kata Ihsan, Minggu (6/2/2022) malam.

Menurut Kapolres, wisatawan pekerja perusahaan konveksi di Sukoharjo, Jawa Tengah, naik dua bus. Bus pertama sudah melaju lebih dulu, sementara yang terakhir mengalami kecelakaan.

Dua rombongan bus tersebut membawa rombongan family gathering perusahaan ke tiga lokasi, yakni Tebing Breksi Sleman, Puncak Becici Dlingo Bantul, dan Pantai Parangtritis Bantul.

Menurut Ihsan, bus yang megalami kecelakaan tersebut sempat tidak kuat menanjak di Mangunan dan penumpang sempat turun, kemudian penumpang naik kembali setelah bus kuat menanjak. Kemudian, bus tersebut mengalami kecelakaan saat  melaju di jalan menurun.

Kapolres mengatakan ada 47 penumpang dalam bus yang mengalami kecelakaan. Dari jumlah tersebut, 13 orang meninggal dunia. “Ada yang meninggal di lokasi kejadian, ada yang meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit, dan ada yang meninggal di rumah sakit,” kata Ihsan.

Ia memastikan sopir bus yang bernama Feriyanto, 35 tahun asal Surakarta meninggal dunia.

Advertisement

BACA JUGA: Bus yang Kecelakaan di Jalan Mangunan Imogiri Bantul Bawa Karyawan Konveksi Sukoharjo

Korban luka dirawat di tiga rumah sakit, yakni Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati Bantul, Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Bantul, dan Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul.

Kapolres Bantul belum bisa memastikan penyebab kecelakaan di Bukit Bego Jalan Imogiri Mangunan tersebut, namun ia menduga karena bus mengalami rem blong, “Berdasarkan saksi-saksi, sopir sempat memainkan persneling, kemungkinan bus mengalami rem blong,” katanya. Namun, polisi masih terus melakukan penyelidikan lebih lanjut. Proses penyelidikan dan olah TKP langsung dibantu oleh Direktorat lalu Lintas Polda DIY dan Korlantas Polri. 

Advertisement

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Mau Bentuk Badan Usaha Milik Otorita IKN, Apa Kegunaannya?

News
| Selasa, 04 Oktober 2022, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement