Advertisement

Kapanewon Pengasih Simpan Segudang Potensi

Hafit Yudi Suprobo
Minggu, 06 Februari 2022 - 21:47 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Kapanewon Pengasih Simpan Segudang Potensi Sekretaris Kalurahan Karangsari Ari Wibowo dan Bupati Kulonprogo Sutedjo saat menerima penghargaan kalurahan terbaik dalam pengelolaan keterbukaan informasi publik tingkat nasional, beberapa waktu lalu. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Kapanewon Pengasih yang berada tak jauh dari Kota Wates menyimpan berbagai potensi yang bisa dikembangkan. Berbagai penghargaan baik di level daerah hingga nasional juga disandang sejumlah kalurahan yang ada di Pengasih.

Panewu Pengasih, Triyanto Raharjo mengatakan salah satu sektor yang saat ini dikembangkan yakni pariwisata. Menurutnya, sektor ini mampu berkembang cepat jika dipadukan dengan media sosial.

"Potensi alam di Pengasih banyak yang unik seperti Lemah Abang di Dusun Kalipetir Lor, Kalurahan Margosari," kata Tri saat dikonfirmasi Harian Jogja, Minggu (6/2/2022).

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Selain Lemah Abang, cetak sawah dengan luas 30 hektare di Dusun Paingan, Kalurahan Sendangsari, juga menghadirkan pemandangan alam yang indah. Selain itu, Pemandian Clereng di Kalurahan Sendangsari masih tetap menjadi primadona wisatawan. "Puncak Talunombo di Dusun Talunombo, Kalurahan Sidomulyo, dan Watu Gembel di Dusun Girinyono, Sendangsari, juga menyimpan potensi," kata Tri.

Kawasan Watu Gembel yang berada di tengah hutan pinus dan tanaman keras lain memiliki keunikan, yakni banyaknya batu besar yang tersusun seperti bulu domba. "Di kawasan Watu Gembel juga terdapat aliran air yang mengalir seperti kolam yang bening. Kawasan ini dikelola oleh warga yang tergabung dalam Kelompok Tani Suka Makmur," terang Tri.

Selain pariwisata, Pengasih juga mencetak prestasi yang membanggakan di tingkat nasional. Kalurahan Karangsari mewakili DIY dalam lomba apresiasi desa tingkat nasional, dan meraih peringkat delapan kategori kalurahan terbaik dalam pengelolaan keterbukaan informasi publik tingkat nasional pada Selasa (28/9/2021).

Prestasi ini menurut Sekretaris Lurah (Carik) Karangsari, Ari Wibowo, tidak luput dari dibukanya pintu seluas-luasnya kepada masyarakat untuk mengakses segala informasi yang dibutuhkan. "Segala kebijakan pemerintah kalurahan merupakan hasil dari permintaan warga. Setiap musyawarah padukuhan semua perwakilan warga dikumpulkan. Semua orang dilibatkan dalam pembangunan di Kalurahan Karangsari," kata Ari.

Dikatakan Ari, keterbukaan informasi publik yang diberikan oleh Pemerintah Kalurahan Karangsari bentuknya melalui pamflet atau baliho dalam setiap kegiatan yang dimiliki, sehingga warga bisa mengetahui secara detail informasi mengenai pembangunan di wilayahnya. "Kami mempunyai 10.800 penduduk dengan 3.564 kepala keluarga. Kami memegang prinsip dasar yakni dari warga, untuk warga, dan yang akan mengeksekusi program juga warga," ujar Ari.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Stok Darah di PMI DIY Hari Ini, Aman?

Stok Darah di PMI DIY Hari Ini, Aman?

Jogjapolitan | 14 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Jumat, 7 Oktober 2022

News
| Jum'at, 07 Oktober 2022, 07:09 WIB

Advertisement

alt

Satu-satunya di Kabupaten Magelang, Wisata Arung Jeram Kali Elo Terus Dikembangkan

Wisata
| Kamis, 06 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement