Advertisement

Ratusan Bus Wisata Masuk Jogja Lewat Giwangan, Satpol PP Dimaksimalkan

Yosef Leon
Senin, 28 Februari 2022 - 20:22 WIB
Budi Cahyana
Ratusan Bus Wisata Masuk Jogja Lewat Giwangan, Satpol PP Dimaksimalkan Terminal Giwangan, Kota Jogja. - Harian Jogja/Sirojul Khafid

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJARatusan bus wisata masuk Kota Jogja lewat Terminal Giwangan pada libur panjang akhir pekan. Pemkot Jogja memaksimalkan one gate system bus pariwisata di Terminal Giwangan serta Satpol PP untuk pengawasan wisatawan.

BACA JUGA: Tanah Kas Desa Dapat Ganti Rp95,1 Miliar dari Proyek Tol Jogja Bawen

Sekitar 200-an bus wisata asal luar daerah dilaporkan masuk ke wilayah Jogja melalui terminal Giwangan setiap akhir pekan untuk melalui pengecekan one gate system, skrining protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19. Pos pengaturan lalu lintas terminal Giwangan mengklaim jumlah itu menurun hampir separuhnya akibat wilayah DIY yang kembali menyandang status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

"Waktu DIY PPKM Level 2 bisa mencapai 400 bus wisata setiap akhir pekan yang masuk. Tetapi karena sekarang sudah naik lagi levelnya, intensitas bus semakin berkurang," kata Komandan Pos Pengaturan Lalu Lintas Terminal Giwangan, Samijan ditemui Senin (28/2/2022).

Ia mengklaim, pemeriksaan kelengkapan dokumen perjalanan kepada para wisatawan yang berada di dalam bus wisata tetap dilakukan. Terminal Giwangan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Jogja untuk mengecek kartu vaksin, hasil swab antigen serta penggunaan aplikasi Peduli Lindungi para penumpang.

"Tapi ya memang pemeriksaan dilakukan pada saat akhir pekan yakni Sabtu dan Minggu. Dishub yang periksa, dari kami back up," ujar dia.

Menurut Samijan, sejumlah bus wisata yang masuk ke Giwangan itu rata-rata telah melengkapi dokumen perjalanan. Wisatawan itu kebanyakan berasal dari Jawa Timur dan sebagian lainnya berasal dari Jawa Tengah serta Jawa Barat. Pemeriksaan juga dilakukan dengan melihat pengaturan duduk penumpang di dalam bus.

BACA JUGA: Warna Diseragamkan, Persiapan Malioboro Khusus Pejalan Kaki Kian Serius

"Tetapi sekarang sudah sepi kelihatannya meskipun musim libur. Kami cek juga kalau bus penuh ya kami ingatkan agar sebisa mungkin jaga jarak saat di dalam bus," katanya.

Advertisement

Kepala Dinas Perhubungan Kota Jogja Agus Winarto mengatakan penerapan one gate system masih diberlakukan untuk menyaring para pelaku perjalanan atau wisatawan yang datang ke wilayah setempat.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dijual Segera, Kerangka Dinosourus Usia 150 Tahun untuk Ruang Tamu

News
| Senin, 26 September 2022, 18:27 WIB

Advertisement

alt

Ada Paket Wisata ke Segitiga Bermuda, Uang 100% Kembali Jika Wisatawan Hilang

Wisata
| Minggu, 25 September 2022, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement