Advertisement

Tuntut Perubahan Tarif, Ribuan Ojol Konvoi di Jogja

Yosef Leon
Kamis, 24 Maret 2022 - 15:22 WIB
Budi Cahyana
Tuntut Perubahan Tarif, Ribuan Ojol Konvoi di Jogja Driver ojol konvoi dari Stadion Kridosono guna menuntut perubahan skema tarif yang lebih manusiawi, Kamis (24/4/2022). - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Ribuan pengemudi ojek online atau ojol melakukan konvoi di Kota Jogja pada Kamis (24/4/2022) siang. Aksi yang juga dilangsungkan di beberapa kota di Indonesia itu menuntut perubahan tarif yang lebih layak bagi para driver.

BACA JUGA: Sempat Didemo, Grab Indonesia Kabulkan Tuntutan Driver? Begini Jawabannya..

Advertisement

Ribuan ojol mulai berkumpul di Stadion Kridosono sejak pukul 12.30 WIB untuk memulai aksi konvoi. Sejumlah aparat kepolisian berjaga di seputar lokasi.

Ketua Paguyuban Gojek Driver Jogjakarta (Pagodja) Handriyanto mengatakan ada tiga poin yang jadi tuntutan dalam aksi tersebut, yaitu tarif yang lebih manusiawi, jenjang level program pendapatan minimum, serta skema 24 jam bagi ojol.

Para ojol merasa keberatan dengan penetapan tarif saat ini. Sebab, terdapat rentang harga yang cukup signifikan dari yang ditetapkan pemerintah dengan yang saat ini berlaku. Di sisi lain, ojol menyebut pemotongan biaya aplikasi juga terlalu besar.

“Kalau kesepakatan dari pemerintah kan minimal Rp7.200, sekarang kan Rp6.400. Bahkan di aplikator lain ada yang sampai Rp3.000, itu kan sangat tidak manusiawi,” ujarnya.

Handriyanto menambahkan selain tarif yang belum memadai, ojol juga mengalami pemotongan di atas 20% pada tiap transaksi. Hal ini memicu perdebatan dengan para pelanggan yang mengira ojol memperoleh pendapatan yang tinggi.

“Tarif potongan dari perusahaan sangat besar, konsumen mengira kami ini dapat tarif besar padahal karena potongan juga besar sehingga kami dapatnya kecil. Kalau dari perjanjian itu 20 persen tapi yang dialami lebih dari 20 persen,” katanya.

Hal ini tentunya berdampak pada pendapatan pengemudi, apalagi di masa pandemi Covid-19. Ia mengklaim pandemi turut pula berpengaruh terhadap orderan dari para pelanggan. “Ditambah ongkos juga semakin turun, kami sangat pas-pas an bahkan kurang untuk kehidupan sehari-hari,” ucap dia.

Sekjen Pagodja Widi Asmara menyebut rute yang ditempuh oleh pengemudi ojol yaitu Stadion Kridosono, Jembatan Layang Lempuyangan, Kali Mambu, Jalan Pramuka dan terakhir di kantor Gojek Cabang Jogja. Menurutnya, ribuan ojol ingin mengantar perwakilan pengemudi untuk bertemu dengan perwakilan Gojek.

“Cuman mengantar delegasi dan tuntutan yang untuk audiensi saja. Tidak besar-besaran,” kata Widi.

BACA JUGA: Tol Jogja Beroperasi, Wisatawan Malah Menginap di Hotel Solo

Menurut Widi, khusus pada layanan pesan antar makanan, driver ojol Jogja juga meminta agar tarif dinaikkan untuk pengantaran di bawah dua kilometer. Dengan nilai Rp6.400, dia menilai kondisi itu masih jauh dari sesuai.

“Kalau yang di atas dua kilometer memang normal. Tapi kan teman-teman di lapangan jadinya lebih sering ambil order yang dekat-dekat terus,” ungkap Widi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditangkap di Kontrakannya, Begini Tampang Pelaku Pemerasan Penumpang Grab Car

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement