Advertisement

Selebrasi HPKN Sajikan Persembahan Spesial

Media Digital
Kamis, 31 Maret 2022 - 07:37 WIB
Jumali
Selebrasi HPKN Sajikan Persembahan Spesial Gubernur DIY, Sri Sultan HB X memberikan sambutan dalam Selebrasi Hari Besar Nasional Hari Penegakan Kedaulatan Negara (HPKN) 1 Maret di Istana Kepresidenan Yogyakarta, Rabu (30/3 - 2022) malam. / Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY menyelenggarakan Selebrasi Hari Besar Nasional Hari Penegakan Kedaulatan Negara (HPKN) 1 Maret di Istana Kepresidenan Yogyakarta, Rabu (30/3/2022) malam.

Himne Serangan Umum 1 Maret yang dibawakan Royal Orchestra Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat menjadi persembahan spesial dalam acara ini.

Ada enam lagu yang dibawakan yakni Indonesia Pusaka, Tanah Airku, Sepasang Mata Bola, Mars Jogja Kembali, Jogjakarta, dan Himne Serangan Umum 1 Maret.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

“Khusus untuk Selebrasi Hari Penegakan Kedaulatan Negara ini, Ngarsa Dalem [Sultan HB X] memberi dhawuh untuk menciptakan satu bentuk lagu. Terciptalah Himne Serangan Umum 1 Maret yang menjadi Yasan Dalem Enggal Sri Sultan Hamengku Buwono X dengan terinspirasi dari peristiwa bersejarah Serangan Umum 1 Maret 1949 tersebut,” tutur Penghageng Kawedanan Hageng Punakawan Kridhamardawa Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat, KPH Notonegoro, Rabu.

Himne berlirik Bahasa Jawa yang terinspirasi dari Sekar Macapat Durma ini mengusung konsep perpaduan idiom musik Jawa yaitu Laras Pelog Pathet Barang dengan medium musik klasik Barat.

“Nuansa dalam lagu ini dibangun dengan maksud menyampaikan rasa cemas, haru, tertantang, geram, dan bercampur rasa nasionalisme yang pada saat itu dirasakan para pemimpin bangsa Indonesia dan seluruh pejuang yang sedang membela kedaulatan negara pada peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949,” tambah KPH Notonegoro.

Kundha Kabudayan DIY telah mengusulkan Serangan Umum 1 Maret 1949 sebagai Hari Besar Nasional sejak 2018. Pada tahun 2022, Peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949 telah resmi ditetapkan sebagai Hari Besar Nasional Hari Penegakan Kedaulatan Negara melalui Keputusan Presiden (Keppres) No. 2 Tahun 2022 yang telah ditetapkan Presiden Joko Widodo pada 24 Februari 2022.

“Peristiwa Serangan Umum 1 Maret dinilai memiliki makna penting bagi penegakkan dan pengakuan kedaulatan negara baik dari dalam maupun dari luar,” kata Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Dian Lakshmi Pratiwi.

Sementara itu Gubernur DIY Sri Sultan HB X mengatakan hendaknya semangat 1 Maret 1949 diaktualisasikan dengan terus menghidupkan etos kejuangan sebagai sumber kekuatan semangat kebangsaan.

Advertisement

Menurut Sultan, Masyarakat perlu menggali sejarah sehingga bisa menarik pelajaran dari kesuksesan dan kegagalan para pendahulu bangsa.

“Kesadaran sejarah perlu digali dan kemudian dijadikan sebagai pemandu, karena bangsa yang tidak memiliki kesadaran sejarah adalah selayaknya bangsa yang yatim piatu,” tutur Sultan.

Agenda selebrasi ini merupakan bentuk kerja sama Pemda DIY melalui Kundha Kabudayan dengan Kementerian Dalam Negeri sebagai pemrakarsa usulan, Kemenpolhukam, Kemensetneg, Kemenhan, Kemensos, Kemenkum HAM, dan Kemendikbud Ristek.

Advertisement

Diharapkan, melalui selebrasi ini, HPKN beserta tujuan dan semangatnya dapat tersampaikan dengan baik kepada Kementerian dan Lembaga terkait, serta para stakeholders sebelum kemudian disosialisasikan lebih lanjut kepada masyarakat lebih luas. Harapannya dengan kegiatan ini, HPKN dapat semakin dikenal oleh masyarakat dan dapat menjadi semangat untuk memupuk persatuan dan kesatuan bangsa.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tragis! Resesi Bikin Rakyat Inggris Kelaparan

News
| Selasa, 27 September 2022, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement