Advertisement

Mengenal Geng BHC Palbapang, Baru Berdiri 4 Bulan, Sudah Dua Kali Tawuran

Ujang Hasanudin
Senin, 11 April 2022 - 19:07 WIB
Arief Junianto
Mengenal Geng BHC Palbapang, Baru Berdiri 4 Bulan, Sudah Dua Kali Tawuran Kapolres Bantul AKBP Ihsan saat jumpa pers penggerebekan geng pelajar, Senin (11/4/2022). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Polisi dibantu warga menggerebek markas geng pelajar yang dinamai Brother Hood Community (BHC) di Dusun Bolon, Desa Palbapang, Kecamatan Bantul, Bantul, Minggu (10/4/2022) tengah malam, sekitar pukul 23.16 WIB. Polisi menyita sejumlah senjata tajam dan sarung yang dibundeli ujungnya.

Soal identitas BHC, salah satu anggota BHC yang ditangkap polisi, APS, mengaku umur geng BHC baru sekitar empat bulan. Geng itu, kata dia, dibentuk pada Januari 2022 lalu.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Meski baru seumur jagung, ulah BHC sudah tak bisa dianggap enteng. Selama kurun empat bulan berdirinya, BHC sudah dua kali tawuran dengan kelompok lain, "Pertama di Serayu, kedua di bulak,” ucap pemuda asal Bolon, Palbapang, Bantul itu.

BACA JUGA: Pamit Tarawih ke Orang Tua, Anggota Geng Pelajar Bantul Malah Tawuran

APS pun menegaskan bahwa dalam perekrutan anggota BHC, pihaknya sama sekali tidak melakukan pemaksaan. Anggotanya yang sebagian besar pelajar SMP memutuskan untuk bergabung atas dasar keinginan sendiri.

"Semua berawal dari menongkrong di angkringan," kata siswa salah satu SMK negeri di Kapanewon Sanden, Bantul tersebut.

Anggota lain BHC yang juga ditangkap polisi, KAP mengaku alasan bergabung BHC hanya untuk hiburan dan mencari teman. Selain itu, dengan gabung BHC, dia juga berharap bisa lebih terkenal.

Saat ditanya apa pamitnya pergi malam hari pada orang tua, KAP mengaku pamit salat tarawih, “Pamit orang tua Salat Tarawih, sekalian ikut membangunkan sahur warga” katanya.

BACA JUGA: Polisi & Warga Grebek Markas Geng BHC di Palbapang Bantul, Celurit & Pedang Ditemukan

Sementara itu, Kapolres Bantul, AKBP Ihsan, mengatakan ada enam remaja yang ditangkap dalam penggerebekan tersebut. Dari keenam remaja tersebut, empat masih berstatus pelajar SMP negeri di Bantul, masing-masing berinisial AYM, warga Triharjo, Pandak, Bantul; KAP, warga Palbapang, Bantul; MD, warga Gilangharjo, Pandak, Bantul; dan AAT, warga Triharjo, Pandak, Bantul.

Sementara, dua remaja lainnya masing-masing MKDM, warga Palbapang, Bantul yang berstatus pelajar salah satu SMA swasta di Jogja dan APS, warga Bolon, Palbapang, Bantul, pelajar SMK negeri di Kapanewon Sanden. APS adalah pemilik rumah yang dijadikan basecamp atau markas geng BHC tersebut.

“Mereka akan tawuran di Lapangan Guyengan, Palbapang, dengan Darbo Community sekitar pukul 02.00 WIB. Sudah siap-siap langsung kami amankan,” kata Kapolres Bantul, AKBP Ihsan, saat jumpa pers di Mapolsek Bantul, Senin (11/4/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Begini Cara Pangeran Arab Saudi Nikmati Kekayaan

News
| Senin, 06 Februari 2023, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Kunjungan Malioboro Meningkat, Oleh-oleh Bakpia Kukus Kebanjiran Pembeli

Wisata
| Senin, 06 Februari 2023, 10:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement