Advertisement

Tiga Partai Besar Dominasi Alkap DPRD Kota Jogja 

Yosef Leon
Sabtu, 14 Mei 2022 - 10:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tiga Partai Besar Dominasi Alkap DPRD Kota Jogja  Logo Partai Gerindra - istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Jogja merotasi sejumlah pimpinan alat kelengkapan (alkap) pada Jumat (13/5/2022). Pimpinan empat komisi di DPRD setempat kini didominasi oleh tiga partai besar yakni PDIP, Gerindra dan PAN.

Ketua PDRD Kota Jogja, Danang Rudiyatmoko menjelaskan, perombakan alkap tersebut ditetapkan melalui sidang paripurna yang rampung pada kemarin malam. Hal ini mengacu pada tata tertib alkap yang dapat dilakukan rotasi setelah 2,5 tahun menjabat. 

Advertisement

"Mei ini sudah 2,5 tahun atau separuh periode dan kita sepakati ada perubahan alat kelengkapan," ungkap Danang, Sabtu (14/5/2022). 

Proses penetapan alkap berlangsung dinamis namun tetap kondusif. Menurut Danang, penentuan kursi pimpinan di tiap komisi ditentukan oleh masing-masing anggota komisi. Selain merotasi alkap di empat komisi, pihaknya juga merombak Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda). Sementara Badan Kehormatan (BK) tidak diusulkan mengalami perubahan.

"Tadi saya memimpin sendiri proses di Komisi A dan C, bahkan dilakukan aklamasi. Artinya semua anggota komisi sepakat," jelasnya.

Baca juga: Hasto Bicara Sikap PDIP soal Penundaan Pemilu 2024

Tiga partai besar dengan suara terbanyak yakni PDIP, Gerindra dan PAN mendominasi jabatan ketua, wakil ketua dan sekretaris di tiap komisi. Sementara NasDem dan PKS yang sebelumnya mendapatkan kursi pimpinan komisi, tersisihkan. Justru, Gerindra kini mampu menempatkan wakilnya sebagai pimpinan di semua komisi.

Ketua DPC Partai Gerindra Kota Jogja, Anton Prabu Semendawai mengatakan, pihaknya berkoordinasi dengan Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kota Jogja, Ririk Banowati agar memperjuangkan jabatan di tiap komisi. Selain itu Anton mengaku juga intensif menjalin komunikasi dengan ketua partai lain. 

"Alhamdulillah bisa bertambah. Komunikasi politik menjadi salah satu penentu agar alat kelengkapan bisa berjalan optimal," katanya.

Advertisement

Anton berharap, pimpinan alkap yang baru terpilih tersebut mampu menambah daya dongkrak kinerja dewan. Sehingga selama paruh periode terakhir atau 2,5 tahun ke depan, kinerja alkap bisa semakin efektif serta menghasilkan kinerja yang semakin baik. 

"Selama ini kinerjanya sudah baik, namun semoga ke depan ini bisa lebih baik lagi," tandasnya.

Adapun jabatan alkap di tiap komisi yang baru secara berurutan untuk ketua, wakil ketua dan sekretaris Komisi A yaitu Wisnu Sabdono Putro (PDIP), Indaruwanto (PAN), dan Marwoto Hadi (Gerindra). Komisi B, Susanto Dwi Antoro (PDIP), Rifki Listianto (PAN) dan R Krisma (Gerindra). Sementara Komisi C, Ririk Banowati (Gerindra), Deddy Jati (PDIP), dan Affan (PAN). Komisi D, Suryani (PDIP), Krisnadi (Gerindra), dan M Ali Fahmi (PAN).

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kapan Kantor Pemerintah Pindah ke IKN? Ini Kata Luhut

News
| Senin, 23 Mei 2022, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Arti 4 Prasasti yang Tertempel di Tugu Jogja

Wisata
| Senin, 23 Mei 2022, 14:27 WIB

Advertisement

Advertisement