Advertisement

Pancasila Bakal Dimasukkan ke Seluruh Mata Pelajaran Sekolah di DIY

Sunartono
Rabu, 01 Juni 2022 - 20:57 WIB
Arief Junianto
Pancasila Bakal Dimasukkan ke Seluruh Mata Pelajaran Sekolah di DIY Ilustrasi Pancasila - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Disdikpora DIY sedang menyusun peraturan gubernur (pergub) sebagai tindak lanjut atas Perda Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan. Rencananya materi Pancasila akan diupayakan bisa diselipkan di semua mata pelajaran (mapel).

Kepala Disdikpora DIY, Didik Wardaya menjelaskan terkait dengan Perda Pendidikan Pancasila, saat ini jawatannya sedang menyiapkan tindak lanjut berupa pergub untuk menguatkan penerapan perda di lapangan terutama di lingkungan pendidikan formal. Dengan harapan para guru dapat menyisipkan Pancasila  baik di kurikuler maupun ekstrakurikuler.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

BACA JUGA: Amankan Pangan, Pemkot Cadangkan 15 Ton Beras

Dia berharap melalui sinergi dengan berbagai pihak Pergub tersebut dapat segera terselesaikan sehingga bisa segera diterapkan di sekolah.

"Untuk penerapan Perda Pancasila ini nantinya bersifat penguatan, karena mapel Pancasila sudah pasti ada sesuai dengan perintah PP. Nah penerapan Perda nanti bisa bentuk lain di sekolah," kata Didik, Rabu (1/5/2022).

Dia menambahkan bentuk dari penerapan yang nantinya tertuang di Pergub rencananya terkait dengan penguatan seperti guru harus bisa memasukkan nilai Pancasila ke dalam mata pelajaran lain selain Pancasila. Sehingga mata pelajaran lain tetap memiliki muatan nilai Pancasila.

Selain itu, diwujudkan pada kegiatan ekstrakurikuler dengan memasukkan materi Pancasila di dalamnya. Karena Pancasila yang dimaksud tidak hanya hafal pada tataran kognitif saja tetapi diupayakan sampai pada tataran sikap.

Didik mengatakan penerapan lainnya bisa dilakukan lewat masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS). Dengan adanya rentang waktu MPLS sekitar sepekan diharapkan bisa maksimal memberikan materi tambahan tentang Pancasila.

Advertisement

"Saat ini baru disusun draf pergubnya sekaligus materi yang akan kami masukkan. Ini masih dalam tahap pembahasan, harapan kami bisa masuk di pergub karena di perda memang amanatnya ke pendidikan formal dan nonformal," katanya.

BACA JUGA: Hidup Sebatangkara dan Sudah Damai, Kasus Hukum Pencuri HP Dihentikan

Adapun penyelesaian pergub tersebut diperkirakan butuh waktu sekitar dua bulan lagi karena harus menyinkronkan dengan pendidikan nonformal atau sasaran masyarakat. Didik berharap aturan Pergub itu bisa diterapkan di tahun ajaran baru.

Advertisement

"Ini masih ada beberapa kali pertemuan pembahasan, nanti akan dicari formula apakah pergubnya digabung antara formal dengan nonformal dalam hal ini penerapan di masyarakat atau justru dibikin pergub sendiri-sendiri," katanya.

Selain ada Perda Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, saat ini ada PP yang memasukkan pendidikan Pancasila di kurikulum. Sehingga ada klausul yang menyatakan mapel Pancasila akan diadakan kembali. Oleh karena itu ia memastikan bakal ada mata pelajaran Pancasila.

"Terkait dengan buku pembelajaran itu sedang disiapkan oleh pemerintah pusat. Kalau DIY mudah- mudahan di tahun ajaran baru nanti bisa dimulai untuk mapel Pancasila ini," kata Didik.

Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana menyatakan tujuan dari perda tersebut adalah untuk lebih menanamkan nilai Pancasila di tengah masyarakat dan peserta didik. Sehingga jangkauan pendidikan Pancasila ini diharapkan diterapkan di formal dan nonformal.

Advertisement

"Sehingga masyarakat bisa tahu bagaimana cara memahaminya, sehingga masyarakat akan lebih harmonis lagi. Selain sekolah, penekanannya ke kelompok masyarakat, ormas, pemuda karangtaruna," ujarnya

Huda mendukung dengan adanya pergub sebagai tindak lanjut dari perda. Pasalnya, pada pendidikan formal aturan memang dibutuhkan untuk penerapan di kurikulum.

"Kalau di masyarakat atau nonformal justru sudah mulai terlaksana seperti digelarnya Sinau Pancasila dan berbagai diskusi," katanya. 

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Awan Panas Semeru Masih Keluar, BPBD Lumajang Tetapkan Masa Tanggap Darurat 14 Hari

News
| Senin, 05 Desember 2022, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement