Advertisement

Realisasi Belanja dan Pendapatan Bantul Rendah, Ini Penyebabnya

Ujang Hasanudin
Kamis, 02 Juni 2022 - 18:37 WIB
Arief Junianto
Realisasi Belanja dan Pendapatan Bantul Rendah, Ini Penyebabnya Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul mengakui realisasi belanja daerah sampai awal Juni 2022 belum maksimal, yakni baru mencapai 29% atau Rp662 miliar dari total belanja daerah sebesar Rp2,2 triliun dalam APBD 2022.

Tak hanya itu, pendapatan daerah juga belum optimal. Sampai awal Juni baru tercatat 32% atau sekitar Rp656 miliar dari total rencana pendapatan dalam APBD tahun ini sebesar Rp2 triliun.

BACA JUGA: Jumlah Wisatawan di Bantul Mulai Mendekati Capaian Sebelum Pandemi

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Bantul, Trisna Manurung mengatakan target belanja daerah ada di masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD). Namun dia menargetkan sampai pertengahan tahun tahun ini belanja daerah maksimal bisa mencapai 45%.

Saat ini belum maksimal karena berbagai kendala, di antaranya karena proses lelang yang masih berlangsung. “Meskipun sudah ada pemenang lelang tapi pembayarannya kan belum bisa dilakukan dan baru dibayar penuh setelah pekerjaannya selesai,” ujar Trisna, Kamis (2/6/2022).

Selain itu banyaknya waktu libur dan cuti selama Mei lalu membuat serapan belanja menjadi lambat. “Libur panjang di Mei banyak pekerjaan yang menumpuk, banyak cuti juga. Sehingga mestinya dikerjakan di Mei ditumpuk ke Juni ini,” katanya.

Sementara kendala pendapatan yang juga belum maksimal karena dua bulan pertama tahun ini masih ada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan baru ada kelonggaran sejak dua bulan terakhir, sehingga ia mengklaim pendapatan bisa dibilang masih terpengaruh pandemi Covid-19.

Namun demikian ia akan menggenjot pendapatan dan belanja daerah di triwulan kedua dan ketiga ini. “Pertengahan tahun kami targetkan belanja daerah minimal bisa mencapai 45 persen,” ucap Trisna.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Erick Thohir: Rasio Utang BUMN Turun Jadi 35 Persen

News
| Selasa, 05 Juli 2022, 04:47 WIB

Advertisement

alt

7 Makanan Indonesia Favorit Dunia

Wisata
| Sabtu, 02 Juli 2022, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement