Advertisement

Jumlah Wisatawan di Bantul Mulai Mendekati Capaian Sebelum Pandemi

Catur Dwi Janati
Kamis, 02 Juni 2022 - 12:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Jumlah Wisatawan di Bantul Mulai Mendekati Capaian Sebelum Pandemi Suasana Pantai Parangtritis dipenuhi para wisatawan, Sabtu (25/12/2021). - Harian Jogja - Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL - Jumlah wisatawan yang mengunjungi Kabupaten Bantul di libur Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022 kemarin menorehkan angka yang cukup tinggi. Capaian kunjungan wisatawan bahkan mendekati jumlah kunjungan wisata sebelum pandemi Covid-19.

Subkoordinator Kelompok Substansi Promosi Kepariwisataan, Dinas Pariwisata Bantul Markus Purnomo Adi menerangkan bila kunjungan wisata di Bumi Projotamansari mencapai 13.776 orang pada libur Hari Lahir Pancasila. Kawasan Pantai Parangtritis masih menjadi destinasi favorit paling banyak dikunjungi wisatawan.

"Rinciannya Parangtritis mencapai 10.800 wisatawan, pantai wilayah barat 2820 wisatawan, Selarong 150 wisatawan dan Cerme  enam orang," terang pria yang disapa Ipung tersebut pada Kamis (2/6/2022) pagi.

Baca juga: RSUD Wonosari Trending Gara-gara Anak Magang, Warganet: Mahasiswi Kebelet Viral

Menariknya, capaian kunjungan pada tanggal merah ini disebutkan Ipung telah mendekati jumlah kunjungan wisatawan sebelum pandemi. Dalam artian, bila sama-sama dibandingkan dengan libur yang jatuh pada weekday, jumlah kunjungan wisatawan saat ini telah mendekati capaian pelancong pada tanggal merah sebelum pandemi Covid-19.

"Untuk tren tanggal merah di hari aktif tidak jauh dari angka itu. Artinya mendekati sebelum pandemi," ujarnya.

Tentu fakta ini dianggap Ipung menjadi sinyal positif baik kebangkitan sektor wisatawan. "Iya ini sinyal baik bagi sektor wisata. Meski wisatawan tidak sebanyak kalau liburnya di Senin atu Sabtu," tambahnya

Capaian 13.776 kunjungan wisatawan pada libur Hari Lahir Pancasila ini turut menyumbang pemasukan PAD dari sektor wisata setidaknya Rp133,6 juta. Bila ditelaah lebih lanjut, dari total 3451 orang yang melakukan reservasi di VisitingJogja, lebih dari separuhnya di dominasi wisatawan asal Jawa Tengah.

"Adapun data wisatawan di aplikasi VisitingJogja yang mengunjungi Parangtritis terbanyak berasal dari provinsi Jawa Tengah 58,88 persen, Jawa Timur 13,56 persen Jawa Barat 16,98 persen, DIY 6,43 persen, DKI 2,05 persen, Bali 1,5 persen dan Sumsel 0,57 persen," tandasnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Pariwisata Bantul, Kwintarto Heru Prabowo menyampaikan telah menyiapkan sejumlah event untuk terus mendongkrak kenaikan pengunjung di sektor wisata. Kebanyakan agenda tersebut akan bergulir pada selepas Mei nanti.

Advertisement

Salah satu agenda besar yang disiapkan yakni Festival Segoro Kidul. Agenda ini rencananya bakal bergulir kembali pada Juli - Agustus nanti. Dalam festival ini berbagai acara akan digelar, di antaranya Keroncong Pesisiran, Simfoni Gumuk Pasir yang merupakan penampilan orkestra, festival lampion hingga agenda Jelajah Bantul Milang Kori.

"Atraksi itu menjadi salah satu daya tarik sekaligus promosi wisata, sehingga harapannya dengan event-event itu kunjungan wisata mudah-mudahan sampai berikutnya atau seterusnya selalu ada progres kenaikan," pungkasnya. 

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Erick Thohir: Rasio Utang BUMN Turun Jadi 35 Persen

News
| Selasa, 05 Juli 2022, 04:47 WIB

Advertisement

alt

7 Makanan Indonesia Favorit Dunia

Wisata
| Sabtu, 02 Juli 2022, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement