Advertisement

Jumlah Penumpang Pesawat Terbang Terus Naik, Segini Rerata Jumlahnya di YIA

Anisatul Umah
Minggu, 12 Juni 2022 - 19:17 WIB
Arief Junianto
Jumlah Penumpang Pesawat Terbang Terus Naik, Segini Rerata Jumlahnya di YIA Ilustrasi ruang tunggu YIA di Kulonprogo. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.co, KULONPROGO--Jumlah penumpang di Yogyakarta International Airport (YIA) pada akhir pekan mencapai sekitar 8.000 orang. Jumlah ini naik sekitar 1.000 - 2.000 orang dibandingkan hari biasa.

Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I, Ike Yutiane Purwanita mengatakan pada hari biasa penumpang sekitar 6.000 - 7.000 orang. Meski mengalami kenaikan pada akhir pekan, akan tetapi angkanya tidak pernah pasti dan selalu berfluktuasi.

Advertisement

"Minggu ini 8.000 orang. Saat weekday beda lagi, tiap minggu beda-beda bahkan setiap hari," jelasnya kepada Harianjogja.com, Minggu (12/6/2022).

BACA JUGA: Kliripan Geotourism Didorong Jadi Wisata Unggulan Kulonprogo

Dia mengaku belum tahu berapa rata-rata traffic normalnya, karena saat ini YIA baru beroperasi setelah sebelumnya terdampak pandemi Covid-19.

"Beda dengan di Jogja [Bandara Adisutjipto] rata-rata bisa 25.000 orang waktu normal sementara YIA itu langsung pandemi, jadi enggak ngerti rata-rata sebelum pandemi," jelasnya.

Rata-rata jumlah penumpang tertinggi baru di angka 10.000-an orang pada saat Lebaran. Dan puncaknya mencapai 13.000 orang. Sementara momen seperti lebaran dengan libur panjang belum akan ada lagi.

"Nah memang sekarang sudah normal, tetapi apakah 8.000 orang itu sudah normal apa belum? Kami enggak mengalami YIA sebelum pandemi," tuturnya.

Lebih lanjut dia mengatakan tren kenaikan jumlah penumpang pesawat akan terjadi pada saat libur sekolah dan long weekend. Meski belum signifikan, namun jumlah penumpang di YIA sudah mengalami kenaikan dibandingkan hari biasa sebelumnya di angka 4.000 - 5.000 orang.

"Malah pernah di 2.000 orang," lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement