Advertisement

Pemkab Kulonprogo Didesak Bangun Monumen Kulonprogo dan Waduk Sermo

Catur Dwi Janati
Minggu, 19 Juni 2022 - 21:07 WIB
Arief Junianto
Pemkab Kulonprogo Didesak Bangun Monumen Kulonprogo dan Waduk Sermo Ilustrasi Waduk Sermo di Kecamatan Kokap, Kulonprogo. - Harian Jogja

Advertisement

Harinjogja.com, KULONPROGO--Dewan Kebudayaan Kulonprogo menggelar audiensi dengan Penjabat Bupati Kulonprogo yang baru dilantik terkait program-program kebudayaan di 2022. Monumen Kulonprogo dan kegiatan mengenang tempat kelahiran para transmigran Waduk Sermo menjadi hal utama yang disampaikan ke Pejabat Bupati Kulonprogo.

Wakil Ketua Dewan Kebudayaan Kulonprogo, Wasiludin menerangkan bahwa dalam audiensi tersebut, pihaknya membahas program-program yang dulu pernah disampaikan ke Bupati terdahulu tetapi belum terealisasi. Selain itu, Dewan juga mengusulkan adanya pengingat semacam monumen bahwa Kulonprogo dibentuk dari dua wilayah.

Advertisement

"Kulonprogo kan terdiri dari dua daerah dulu. Kalau berkenaan nanti ada misal monumen sejarah menyatunya Kabupaten Kulonprogo yang merupakan wilayah Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dan Kabupaten Adikarta yang merupakan wilayah Kadipaten Pakualaman," kata dia, Sabtu (18/6/2022).

BACA JUGA: Kulonprogo Tambah Kelas Olahraga Baru, DPRD: Jangan Remehkan soal Pengajarnya

Selain usulan dibangunnya monumen bersatunya dua wilayah cikal bakal Kulonprogo, Dewan Kebudayaan Kulonprogo juga membahas terkait kegiatan mengenang tanah kelahiran oleh para transmigran di kawasan Waduk Sermo. "Mengenang untuk melihat kelahiran dulu," ujarnya.

"Dibicarakan tentang Waduk Sermo, itu banyak para transmigasi. Itu minta mengenang daerah kelahirannya. Nanti kalau bisa difasilitasi untuk bisa melihat lagi," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik LHKPN 2 Pejabat Pemilik Kripto Miliaran Rupiah

News
| Rabu, 24 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement