Advertisement

Nawu Sendang, Cara Warga Payungan Ungkapkan Syukur Sekaligus Bersihkan Pikiran

Lugas Subarkah
Sabtu, 02 Juli 2022 - 06:27 WIB
Arief Junianto
Nawu Sendang, Cara Warga Payungan Ungkapkan Syukur Sekaligus Bersihkan Pikiran Istri Wakil Bupati Bantul, Dwi Pudyaningsih Joko Purnomo, membasuh muka di sendang Payungan, Jumat (1/7/2022). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Sebagai wujud syukur dan untuk membersihkan pikiran masyarakat, warga Kampung Payungan, Kalurahan Triharjo, Kapanewon Pandak, menggelar Baritan Kampung Payungan di Sendang Payungan, Jumat (1/7/2022).

Ketua panitia Baritan Kampung Payungan, Sudarmanto, menjelaskan dulu sendang merupakan sumber mata air dan kehidupan masyarakat Payungan. “Untuk minum, mencuci dan mandi itu di sendang,” ujarnya.

Advertisement

Seiring berjalannya waktu di sekitar sendang tumbuh banyak pepohonan yang daun-daun berguguran di sendang dan air pun kotor. “Kesepakatan warga diadakan nawu sendang untuk membersihkan sendang itu. Kejadiannya Selasa Kliwon, syukurannya Jumat Pon,” katanya.

BACA JUGA: Astaga! Cincin Terjebak di Kemaluan Pria Bantul, Terpaksa Dievakuasi Damkar

Prosesi dimulai dari Minggu (26/6/2022), dengan membersihkan lokasi sekitar sendang. Lalu malam Selasa Kliwon digelar doa bersama, malam Jumat Pon diadakan ritual tahlilan dan puncaknya pada Jumat Pon digelar kirab seni budaya.

“Setiap RT membawa masing-masing ada ambengan, sego suci, ketan-kolak dan lain-lain. Bentuk rasa syukur warga. Harapannya setelah guyub dilakukan warga bisa memunculkan pikiran yang jernih untuk kemajuan masyarakat di sini,” ungkapnya.

Istri Wakil Bupati Bantul, Dwi Pudyaningsih Joko Purnomo, mengapresiasi kegiatan ini, dengan harapan kegiatan serupa akan terus berjalan di tahun-tahun selanjutnya. “Agar terus diagendakan dan lebih diperhatikan kembali,” katanya.

Kegotongroyongan yang masih terbina dengan baik di Kampung Payungan ini diharapkan dapat menginspirasi di padukuhan-padukuhan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Selebgram Ini Bagikan Kondisi Putrinya yang Masih Balita Dianiaya oleh Pengasuh

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 22:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement