Advertisement

Destinasi Wisata Gunungkidul Ramai, Pengunjung Diminta Tetap Patuhi Prokes

David Kurniawan
Senin, 04 Juli 2022 - 07:27 WIB
Sirojul Khafid
Destinasi Wisata Gunungkidul Ramai, Pengunjung Diminta Tetap Patuhi Prokes Pengunjung memadati kawasan wisata di Pantai Drini di Kalurahan Banjarejo, Tanjungsari, Gunungkidul, Minggu (3/7/2022). - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Pariwisata Gunungkidul mencatat ada kenaikan kunjungan selama libur sekolah. pengunjung yang datang diminta tetap waspadai potensi penularan virus Covid-19, meski angka penularan mulai dapat dikendalikan.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Muhammad Arif Aldian, mengatakan liburan sekolah merupakan waktu yang tepat untuk berwisata ke Gunungkidul. Tersedia berbagai objek wisata dengan berbagai jenis keunggulan, mulai dari susur goa, susur sungai, hingga menikmati keindahan alam pegunungan.

Advertisement

Menurut dia, berbagai destinasi ini akan membawa keseruan serta pengalaman untuk mengisi liburan sekolah. “Gunungkidul memiliki banyak pilihan wisata dan disesuaikan minat pengunjung. Misal pengen ke pantai bisa datang ke wisata di sisi Selatan. Tapi kalau ingin susur sungai bisa ke Air Terjun Sri Getuk, Cave Tubing Kali Suci, atau Goa Pindul. Kalau pengen pemandangan alam bisa ke Gunung Api Purba Nglanggerang, Embung Sriten, atau wisata di zona Utara lainnya,” katanya, Minggu (3/7/2022).

BACA JUGA: Kawasan Pantai Gunungkidul Ramai sejak Dini Hari, Kemacetan Bisa Sampai 600 Meter

Aldian mengungkapkan, selama satu minggu liburan sekolah sudah ada kenaikan kunjungan. Untuk hari kerja rata-rata ada 3.000-5.000 pengunjung setiap harinya. Jumlah ini meningkat dibandingkan kunjungan hari biasa di kisaran 1.000-2.000 pengunjung.

Untuk akhir pekan peningkatan lebih signifikan. Sebagai contoh, Minggu (19/6/2022) atau sebelum libur sekolah, kunjungan hanya sebanyak 17.430 orang. Namun, satu minggu kemudian melonjak menjadi 23.482 orang.

“Untuk Sabtu kemarin [2/7/2022] kunjungan yang datang sebanyak 15.030 orang. Sedangkan hari ini [Minggu] pendataan belum selesai karena kunjungan masih berlangsung,” katanya.

Meski demikian, Aldian meminta kepada pengunjung untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes). Hal ini karena kondisi masih di masa pandemi Covid-19. Sehingga ancaman penularan virus Covid-19 belum sepenuhnya hilang. “Memang kasus melandai, tapi ada baiknya tetap mematuhi prokes, walaupun ada beberapa pelonggaran,” katanya.

BACA JUGA: Liburan Sekolah, Gunungkidul Diserbu Pelancong

Menurut dia, untuk mengurangi risiko penularan virus, sudah ada berbagai upaya. Selain destinasi memiliki sertifikat CHSE, juga ada sarana prasarana pendukung lainnya seperti fasilitas cuci tangan hingga penerapan aplikasi Peduli Lindungi. “Mudah-mudahan semua berjalan lancar,” katanya.

Direktur Badan Usaha Milik Kalurahan (BUMKal) Maju Mandiri, Saryanto, mengatakan pada saat liburan sekolah ada peningkatan kunjungan ke wisata Goa Pindul. Hampir setiap hari sekurangnya ada sekitar 400-500 orang yang berkunjung. Jumlah ini meningkat dibandingkan dengan hari-hari biasa yang hanya sekiar 200-250 orang per hari.

Saryanto berharap kondisi bisa benar-benar pulih sehingga tingkat kunjungan dapat kembali normal seperti sebelum adanya pandemi. “Sebelum pandemi, sehari bisa 1.000 orang. Tapi sekarang, bisa datang 500 sudah baik,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement