Advertisement

Kawasan Pantai Gunungkidul Ramai sejak Dini Hari, Kemacetan Bisa Sampai 600 Meter

David Kurniawan
Minggu, 03 Juli 2022 - 17:07 WIB
Arief Junianto
Kawasan Pantai Gunungkidul Ramai sejak Dini Hari, Kemacetan Bisa Sampai 600 Meter Ilustrasi Pantai Baron. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Saat momentum liburan sekolah, kawasan wisata khususnya pantai di Gunungkidul ramai didatangi pengunjung. Bahkan kedatangan ini sudah terlihat sejak pukul 03.00 WIB.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah 2 DIY, Marjono mengatakan, sejak pekan lalu ada peningkatan kunjungan wisata ke pantai. Kondisi ini tak lepas adanya musim liburan sekolah sehingga dimanfaatkan untuk berwisata.

BACA JUGA: CPNS Nihil, Fokus Rekrutmen Pemkab Gunungkidul Hanya untuk P3K

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Menurut dia, kunjungan tidak hanya dilakukan saat siang hari, namun sejak dini hari sudah mulai ada iring-iringan kendaraan masuk pantai. Oleh karenanya, saat pagi sudah banyak wisatawan yang bermain di kawasan pantai, salah satunya di Pantai Drini di Kalurahan Banjarejo, Tanjungsari.

“Hari ini mulai 03.00 WIB, kawasan pantai sudah ramai oleh pengunjung,” kata Marjono, Minggu (3/7/2022).

Dia menjelaskan, dengan melonjaknya kunjungan, maka seluruh petugas SAR disiagakan. Terlebih lagi juga ada potensi kenaikan gelombang laut dengan ketinggian sekitar 10 feet. “Semua sudah disiagakan dan hingga Minggu siang kondisinya masih aman terkendali,” katanya.

Antusiasme kunjungan ke kawasan pantai juga terlihat di jalur menuju pantai. Salah satunya di Dusun Trowono B, Karangasem, Paliyan. Di lokasi ini terjadi kemacetan sekitar 600 meter dikarenakan adanya antrean bus pariwisata dari Kapanewon Playen untuk masuk ke Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) yang mengarah ke kawasan Pantai.

“Kebetulan dari JJLS juga ada bus yang mau keluar sehingga saling berpapasan. Dikarenakan jalurnya sempit maka butuh kehati-hatian agar tidak senggolan. Akibatnya jalur menjadi macet,” kata Eko Prihono, salah seorang warga Karangasem.

Menurut dia, saat akhir pekan sering terjadi kepadatan arus kendaraan karena sempitnya jalan di jalur Trowono. Untuk bus besar sudah tidak bisa berputar, sedangkan kendaraan roda dua bisa melintas melalui jalur menuju Polsek Saptosari. “Kalau hari ini lebih ramai lagi ketimbang libur pada Minggu lalu,” kata Eko.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejari Purwokerto Tangkap Buronan Kejati Maluku Utara

News
| Kamis, 29 September 2022, 03:37 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement