Advertisement

Duh, Belasan Angkutan Umum Kena Razia Dishub Jogja

Yosef Leon
Selasa, 12 Juli 2022 - 20:27 WIB
Arief Junianto
Duh, Belasan Angkutan Umum Kena Razia Dishub Jogja Petugas Dishub Kota Jogja saat melaksanakan operasi tertib lalu lintas dengan sasaran armada angkutan umum pada Selasa (12/7/2022). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA -- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Jogja bersama personel gabungan melaksanakan operasi tertib lalu lintas dengan sasaran armada angkutan umum pada Selasa (12/7/2022). Dalam operasi itu belasan kendaraan didapati melanggar aturan.

Operasi tersebut digelar di Jalan HOS Cokroaminoto. Pemilihan lokasi razia itu lantaran jalan tersebut merupakan perlintasan antardaerah, baik itu yang masuk ke Kota Jogja ataupun keluar dari Kota Jogja.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

BACA JUGA: Libatkan Universitas di Eropa, 7 Kampus Pelopori Sekolah Calon Pemimpin Perguruan Tinggi

Komandan Regu Dishub Kota Jogja, Suprapto menjelaskan tujuan diadakan operasi tersebut untuk menjamin keselamatan dan meminimalisir terjadinya kecelakaan di jalan raya. "Operasi tertib lalu lintas yang digelar secara rutin ini untuk pemeriksaan kendaraan yang syarat teknik laik jalan, sehingga tercipta tertib, aman, dan lancar dalam perjalanan," kata dia, Selasa.

Operasi yang digelar selama satu jam itu dimulai dari pukul 09.30 WIB hingga pukul 10.30 WIB dan mampu menjaring 109 kendaraan angkutan barang untuk dilakukan pemeriksaan.

Setelah dilakukan pemeriksaan terdapat 15 pelanggaran dengan rincian 10 kendaraan habis masa uji, empat kendaraan tanpa buku uji, dan satu kendaraan yang melebihi dimensi. "Bagi pelaku pelanggaran tetap harus menjalani persidangan sesuai aturan yang ada,” ujarnya.

Menurutnya operasi tersebut tidak semata-mata untuk menindaklanjuti pelanggaran saja. Melainkan juga sebagai evaluasi guna mengetahui sejauh mana masyarakat paham dengan aturan yang ada.

Diharapkan dengan adanya operasi ini akan memberikan kesadaran kepada para pengusaha angkutan umum maupun angkutan barang untuk mengurus kelengkapan kir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Investor Besar Akan Masuk Garuda Indonesia, Ini Kode Erick Thohir

News
| Kamis, 02 Februari 2023, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Seru! Ini Detail Paket Wisata Pre-Tour & Post Tour yang Ditawarkan untuk Delegasi ATF 2023

Wisata
| Rabu, 01 Februari 2023, 14:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement