Advertisement

Duh, Belasan Angkutan Umum Kena Razia Dishub Jogja

Yosef Leon
Selasa, 12 Juli 2022 - 20:27 WIB
Arief Junianto
Duh, Belasan Angkutan Umum Kena Razia Dishub Jogja Petugas Dishub Kota Jogja saat melaksanakan operasi tertib lalu lintas dengan sasaran armada angkutan umum pada Selasa (12/7/2022). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA -- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Jogja bersama personel gabungan melaksanakan operasi tertib lalu lintas dengan sasaran armada angkutan umum pada Selasa (12/7/2022). Dalam operasi itu belasan kendaraan didapati melanggar aturan.

Operasi tersebut digelar di Jalan HOS Cokroaminoto. Pemilihan lokasi razia itu lantaran jalan tersebut merupakan perlintasan antardaerah, baik itu yang masuk ke Kota Jogja ataupun keluar dari Kota Jogja.

Advertisement

BACA JUGA: Libatkan Universitas di Eropa, 7 Kampus Pelopori Sekolah Calon Pemimpin Perguruan Tinggi

Komandan Regu Dishub Kota Jogja, Suprapto menjelaskan tujuan diadakan operasi tersebut untuk menjamin keselamatan dan meminimalisir terjadinya kecelakaan di jalan raya. "Operasi tertib lalu lintas yang digelar secara rutin ini untuk pemeriksaan kendaraan yang syarat teknik laik jalan, sehingga tercipta tertib, aman, dan lancar dalam perjalanan," kata dia, Selasa.

Operasi yang digelar selama satu jam itu dimulai dari pukul 09.30 WIB hingga pukul 10.30 WIB dan mampu menjaring 109 kendaraan angkutan barang untuk dilakukan pemeriksaan.

Setelah dilakukan pemeriksaan terdapat 15 pelanggaran dengan rincian 10 kendaraan habis masa uji, empat kendaraan tanpa buku uji, dan satu kendaraan yang melebihi dimensi. "Bagi pelaku pelanggaran tetap harus menjalani persidangan sesuai aturan yang ada,” ujarnya.

Menurutnya operasi tersebut tidak semata-mata untuk menindaklanjuti pelanggaran saja. Melainkan juga sebagai evaluasi guna mengetahui sejauh mana masyarakat paham dengan aturan yang ada.

Diharapkan dengan adanya operasi ini akan memberikan kesadaran kepada para pengusaha angkutan umum maupun angkutan barang untuk mengurus kelengkapan kir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 3 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang DPO Kasus Korupsi Pembangunan Pasar Rakyat Ditangkap di Papua

News
| Sabtu, 20 April 2024, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement