Advertisement

Segini Pendapatan Sektor Wisata Gunungkidul Selama Libur Sekolah

David Kurniawan
Selasa, 12 Juli 2022 - 14:17 WIB
Bhekti Suryani
Segini Pendapatan Sektor Wisata Gunungkidul Selama Libur Sekolah Aktivitas pengunjung saat akan menyusuri wisata Goa Pindul di Kalurahan Bejiharjo, Karangmojo, 28 Juni 2022-Harian Jogja - David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Dinas Pariwisata Gunungkidul mencatat selama liburan sekolah ada kunjunan wisata sebanyak 223.258 orang. Capaian ini menambah pundi-pundi Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp1,4 miliar.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Muhammad Arif Aldian mengatakan, libur sekolah berlangsung selama dua minggu. Hal ini berdampak terhadap kunjungan wisata yang mengalami kenaikan signifikan dibandingkan dengan hari-hari biasa.

Menurut dia, selama liburan tidak target khusus, karena hanya ingin memanfaatkan momen untuk mengejar target PAD. Ia mengaku, total kunjunga selama dua minggu mencapai 223.258 orang.

Adapun PAD yang diperoleh mencapai Rp1,4 miliar. Untuk destinasi kunjungan, masih sama dengan momen liburan lainnya, yakni didominasi ke kawasan pantai. “Objek wisata lainnya juga ada peningkatan, tapi tidak sebanyak yang menuju kawasan pantai,” kata Aldian kepada wartawan, Selasa (13/7/2022).

BACA JUGA: Fakta Baru Polisi Tembak Polisi, Mabes Klaim Ada Perbuatan Tak Senonoh terhadap Istri Kadiv Propam

Meski ada kenaikan, ia mengakui kunjungan saat liburan sekolah tidak sebanyak pada saat libur Lebaran. Saat itu, pengunjung yang berwisata  yang mencapai 257.451 pengujung dengan PAD sebesar Rp1,9 miliar..

Aldian tidak mempermasalahkan capaian ini karena terpenting bisa membantu pencapaian target PAD yang dipatok sebesar Rp27 miliar di 2021. Hingga Senin sore, pendapatan yang masuk dari retribusi wisata mencapai Rp12,7 miliar. “Ada penambahan karena terdongkrak liburan sekolah, tapi capaian secara umum baru 47,3% dari target yang diberikan di tahun ini,” ungkap mantan Kepala Bagian Organisasi, Setda Gunungkidul itu.

Aldian berjanji akan terus berusaha mencapai target PAD dari sektor wisata. Ia pun optimistis target bisa terpenuhi di semester kedua 2022.

Guna mencapai taret ini dilakukan promosi wisata secara massif. Selain itu, juga ada upaya menggandeng pelaku wisata dari Jawa Tengah dan Jawa Timur agar lebih mengenalkan potensi wisata di Gunungkidul. “Ini bagian ikhtiar untuk mencapai target wisata yang telah dibebankan kepada kami,” katanya.

Direktur Badan Usaha Milik Kalurahan (BUMKal) Maju Mandiri, Saryanto mengatakan, saat libur sekolah sempat ada kenaikan kunjungan, namun saat sekaragn sudah kembali seperti biasa. Ia berharap kondisi wisata  bisa benar-benar pulih sehingga tingkat kunjungan dapat kembali normal seperti sebelum adanya pandemi. “Sebelum pandemi sehari bisa 1.000 orang. Tapi sekarang, bisa datang 500 sudah baik. Mudah-mudahan bisa segera normal,” ungkapnya. (David Kurniawan)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dari Bidang Makanan sampai Kesehatan, 21 CEO Meraih Achievement Award

News
| Minggu, 02 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

alt

3 Rekomendasi Glamcamp Seru di Jogja

Wisata
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement