Advertisement

Kasus Perundungan Marak, Ini Upaya yang Dilakukan Disdikpora DIY

Sunartono
Minggu, 24 Juli 2022 - 20:37 WIB
Arief Junianto
Kasus Perundungan Marak, Ini Upaya yang Dilakukan Disdikpora DIY Ilustrasi. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA -- Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, Didik Wardaya mengklaim telah melakukan berbagai upaya bersama sekolah untuk mencegah adanya bullying atau perundungan.

Salah satunya adalah dengan memberikan pemahaman kepada seluruh sistem sekolah baik guru, siswa dan tenaga kependidikan agar selalu mengajarkan kebinnekaan untuk mencegah perundungan.

"Prinsipnya semua sekolah harus mengajarkan itu saling menghargai, memahami tanpa bully, kultur itu harus selalu ditumbuhkan agar semua nyaman," katanya, Minggu (24/7/2022).

BACA JUGA: Kekerasan Seksual Dominasi Kasus Kekerasan Anak di Jogja

Dia menambahkan jawatannya telah mendorong dan memfasilitasi terbentuknya Sekolah Ramah Anak (SRA), sekolah menyenangkan dan sekolah inklusi.

Melalui program itu harapannya dapat mencegah terjadinya perundungan. "SRA, sekolah menyenangkan dan SPPI [sekolah penyelenggara pendidikan inklusi] semua ada di DIY. Tetapi harapan kami tanpa ada label SRA dan sejenisnya itu semua sekolah harus tetap anti-bullying," katanya.

Sebelumnya, Ketua Komisi Perlindungan Anak Kota Jogja Sylvi Dewajani mengatakan kasus bullying yang terjadi di sekolah seringkali tidak terungkap dan tidak permah dilaporkan. Untuk itu, pihak sekolah diminta berkomitmen memegang teguh mencegah tindakan yang berpotensi perundungan.

"Banyak sebenarnya tetapi tidak terlapor [dilaporkan], karena yang dilaporkan biasanya yang kekerasan. Seharusnya memang semuanya terlapor," katanya Minggu. 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

Istri di China Menuntut Selingkuhan Suaminya Senilai Rp8,2 Miliar

News
| Senin, 15 Agustus 2022, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Tiket Masuk Borobudur dan Pulau Komodo Naik, Sandiaga Uno: Tidak Semua Tiket Destinasi Naik!

Wisata
| Senin, 15 Agustus 2022, 23:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement