Advertisement

Kepala SDN Blunyahrejo Bantah Ada Kewajiban Jilbab di Sekolahnya

Triyo Handoko
Jum'at, 05 Agustus 2022 - 20:37 WIB
Bhekti Suryani
Kepala SDN Blunyahrejo Bantah Ada Kewajiban Jilbab di Sekolahnya Penampakan SDN Blunyahrejo dari depan gerbang yang terdapat papan Sekolah Ramah Anak, Jumat (5/8/2022) - Harian Jogja - Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Kepala SDN Blunyahrejo, Jogja Eny Lasmiyati membantah adanya kewajiban jilbab bagi siswa muslim di sekolahnya. Eny menjelaskan hanya sekadar memperbolehkan siswa muslim mengenakan jilbab dan pakaian muslim lainnya.

Pernyataan itu disampaikan Eny menyusul adanya pewajiban jilbab bagi siswi muslim di SDN Blunyahrejo yang disampaikan salah seorang wali murid ke Harianjogja.com

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

“Tak ada kewajiban, tak ada anjuran untuk siswa muslim memakai jilbab, hanya memperbolehkan,” jelasnya, Jumat sore (5/8/2022).

Eny menjelaskan saat sosialisasi yang dilakukan pada awal ajaran baru Juli lalu, ia sedang sakit dan opname sehingga tak dapat mengikuti sosialisasi. "Tapi saya yakin tak ada pewajiban seperti itu, dari Disdikpora juga tak ada yang mengatur jilbab sebagai yang wajib,” tuturnya.

Pembolehan jilbab yang disebut Eny bertujuan sesuai dengan Kurikulum Merdeka. “Tujuan kurikulum itu kan membentuk anak yang berkarakter baik dalam duniawi dan akhirat, makanya kami bolehkan menggunakan jilbab di sekolah,” ujarnya. 

Dalam kurikulum merdeka, Eny juga menjelaskan untuk mewujudkan anak yang berkarakter religius juga dilakukan pewajiban ekstrakurikuler membaca Al-qur’an dan target hafalan surat pendek dan doa-doa. “Supaya karakter anak terbentuk kami punya target hafalan itu,” katanya.

BACA JUGA: Peran Komite Sekolah di Jogja Akan Diperkuat untuk Cegah Pemaksaan Seragam

Terkait bantahan tersebut, wali murid yang meminta identitasnya dirahasikan menyatakan, ia mendengar sendiri sosialisasi dari otoritas sekolah soal pewajiban jilbab untuk siswi muslim. Sayangnya kata dia, tidak ada dokumen berupa surat edaran soal pewajiban itu, melainkan hanya lewat sosialisasi lisan. 

Advertisement

“Karena sosialisasinya lisan, jadi yang saya dengar pewajiban itu dijelaskan langsung tak ada surat edaran atau apapun,” jelas wali murid tersebut.

Sebelumnya wali murid SDN Blunyahrejo, Kelurahan Karangwaru, Kecamatan Tegalrejo menyebut ada pewajiban jilbab bagi anaknya sejak mendaftar di sekolah tersebut. Wali murid yang meminta namanya dirahasikan itu menjelaskan pewajiban jilbab tersebut disampaikan otoritas sekolah ketika sosialisasi wali murid saat dinyatakan diterima di sekolah tersebut.

“Saat sosialisasi itu saya sempat tanya atas dasar apa pewajiban jilbab ini, karena SDN Blunyahrejo bukan sekolah keagamaan tertentu,” jelas wali murid tersebut, Jumat siang (5/8/2022). Penjelasan atas pertanyaan tersebut adalah kebijakan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Jogja.

Advertisement

 “Saat sosialisasi kedua terkait kurikulum pembelajaran, saya mau tanya langsung ke Kepala Sekolah karena dalam sosialisasi pertama disebut untuk lebih jelasnya bisa tanya ke Kepala Sekolah,” ujarnya. Ternyata Kepala SDN Blunyahrejo tak hadir dalam sosialisasi kedua itu karena sakit.

 Tak bisa bertanya kepada siapapun lagi, wali murid tersebut terpaksa mengenakan jilbab pada anaknya. “Karena sudah diwajibkan sejak awal, yaudah terpaksa ikut itu,” katanya.

Jika tak memakai jilbab, wali murid ini merasa kasihan pada anaknya. “Nanti takutnya dia merasa berbeda sendiri di sekolahan, malah rentan dapat bullying nanti” bebernya.

Menurut wali murid ini anaknya sendiri mengaku lebih nyaman tak mengenakan jilbab. “Namanya agama kan urusan privasi ya, harusnya diberi kebebasan untuk memilih tidak diwajibkan seperti ini,” keluhnya.

Advertisement

 

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kutip Hadis, Mahfud MD Soroti Mafia Hukum Bertebaran di Berbagai Institusi

News
| Sabtu, 26 November 2022, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Unik! Hindari Bajak Laut, Rumah di Pulau Ini Dibangun di Bawah Batu Raksasa

Wisata
| Sabtu, 26 November 2022, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement