Advertisement

Keren! Mahasiswa UII Ikut Merancang Pusat Pariwisata di Turki

Sunartono
Sabtu, 06 Agustus 2022 - 16:07 WIB
Bhekti Suryani
Keren! Mahasiswa UII Ikut Merancang Pusat Pariwisata di Turki Kegiatan join studio mahasiswa Arsitektur UII di Department of Architecture Fatih Sultan Mehmet Vakif Universitesi, Istanbul, Turki. - Ist.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Belasan mahasiswa Prodi Sarjana Arsitektur UII berkolaborasi dengan Department of Architecture Fatih Sultan Mehmet Vakif Universitesi, Istanbul untuk menggarap rancangan pusat pariwisata di Turki. Kegiatan itu dilakukan melalui program Joint Summer Program FSMVU-UII 2022 yang masih berlangsung hingga Sabtu (6/8/2022). 

Ketua Prodi Profesi Arsitek UII Ahmad Saifudin Mutaqi menjelaskan summer school ini digelar untuk meningkatkan mobilitas internasional untuk mahasiswa maupun dosen. Hal ini sekaligus memastikan kualitas pembelajaran yang selama ini telah berjalan telah setara dengan standar internasional sekaligus memperluas jejaring. Salah satu kegiatan menarik yang digelar adalah join studio pengerjaan proyek perencanaan sejumlah pusat pariwisata di Instanbul Turki. 

Advertisement

“Join studi ini dilakukan dengan membuat rancangan tourism center di Instanbul, sehingga mahasiswa kedua perguruan tinggi mengunjungi berbagai destinasi warisan budaya, baik di Istanbul maupun di kota-kota lain di Turki serta wilayah dengan objek arsitektur menarik. Di antaranya Aya Sofya, Blue Mosque, Bursa City, Area komersil Taksim, istana Topkapi,” katanya lewat pesan Whatsaap, Jumat (6/8/2022). 

BACA JUGA: Resmi Tersangka, Roy Suryo Dijerat Pasal Berlapis

Ketua Jurusan Arsitektur UII Profesor Noor Cholis Idham mengatakan join studio ini menjadi pengalaman berharga bagi mahasiswa dan dosen karena mensimulasikan pengerjaan proyek skala internasional. Sehingga mahasiswa memiliki wawasan global dan mempertajam keterampilan merancang di level internasional. 

“Ketika mereka saling berkolaborasi dengan mahasiswa dari negara lain. Adanya pertukaran budaya antar Jogja dan Istanbul, meningkatnya kapasitas dosen yang terlibat sebagai dosen pengampu pada kegiatan summer school ini,” katanya. 

Ia berharap kegiatan itu semakin mempererat hubungan kerja sama untuk memastikan level pendidikan di prodi sarjana setara secara internasional. Selain itu dapat menambah pengalaman mobillitas internasional bagi dosen dan mahasiswa. “Harapannya dapat membuka peluarng kolaborasi riset antar negara yang lebih luas lagi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement