Advertisement

BIN Gerakkan Warga Pesisir Gunungkidul Ikut Program Vaksin

David Kurniawan
Selasa, 09 Agustus 2022 - 03:37 WIB
Sirojul Khafid
BIN Gerakkan Warga Pesisir Gunungkidul Ikut Program Vaksin Warga saat mengikuti program vaksinasi di Balai Kalurahan Banjarejo, Tanjungsari, Gunungkidul, Senin (8/8/2022). - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, Gunungkidul—Badan Intelejen Negara (BIN) Perwakilan DIY berupaya membantu peningkatan capaian vaksin di Gunungkidul. Salah satunya dengan menyisir warga pesisir untuk mengikuti program vaksinasi corona.

Perwakilan BIN DIY, Eko Susilo, mengatakan capaian vaksiansi di Gunungkidul masih rendah, sehingga pihaknya berkomitmen untuk membantu meningkatkan partisipasi dari warga. Menurut dia, ada sejumlah sasaran yang disisir. Selain lokasi yang cakupannya masih rendah, juga menyasar warga di kawasan pantai.

Advertisement

“Untuk pantai disisir karena ada interaksi dengan wisatawan dari luar daerah sehingga butuh antisipasi agar tidak terjadi penularan,” kata Eko kepada wartawan, Senin (8/8/2022).

Dia menjelaskan, untuk pelaksanaan vaksin terus melakukan koordinasi dengan pihak kalurahan. Untuk saat ini, vaksin dilakukan bagi warga di Kalurahan Banjarejo, Tanjungsari, Gunungkidul.

“Program vaksin juga kami lakukan di Kapanewon Rongkop,” katanya.

BACA JUGA: Polisi Masih Selidiki Kasus Pencurian Berantai di Tanjungsari

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Tanjungsari, Suwarso, mengatakan di wilayahnya capaian vaksinasi, khususnya dosis booster termasuk yang terendah karena capaian masih di bawah 25%. Oleh karenanya, upaya percepatan terus dilakukan guna memaksimalkan program penanggulangan Covid-19, khususnya di wilayah pesisir.

Menurutnya, percepatan dilakukan dengan menyelenggarakan vaksinasi massal, salah satunya di Kalurahan Banjarejo. “Di sini [Banjarejo] kami selenggarakan selama tiga hari dengan sasaran sebanyak 1.000 warga,” kata Suwarso.

Rencananya vaksinasi di wilayah pesisir tidak hanya di Kalurahan Banjarejo. Pasalnya, kalurahan lain seperti Ngestirejo, Kemiri, Hargosari dan Kemadang juga dilakukan hal yang sama. “Mudah-mudahan dengan program ini pencegahan penularan virus bisa lebih dioptimalkan,” katanya.

BACA JUGA: Ratusan Honorer di Gunungkidul akan Diangkat Menjadi P3K

Lurah Banjarejo, Dwi Haryanto, berterimakasih kepada Puskesmas Tanjungsari dan BIN sehingga program vaksinasi dapat terlaksana. Dia menjelaskan, untuk lokasi diselenggarakan di balai kalurahan serta akan dilaksankaan di Dusun Keruk 3 dan Sangen 1. “Kami bantu mobilisasi warga untuk hadir di program vaksin ini,” katanya.

Dia menjelaskan, di Kalurahan Banjarejo ada sejumlah pantai yang sering dikunjungi wisatawan, seperti Drini, Watubolong hingga Bukit Kosakora. “Dengan vaksinasi booster akan memberikan kenyamanan saat ada interaksi dengan para wisatawan karena pelaku wisata sudah divaksin lengkap,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement