Advertisement

Ciptakan Peluang Kerja, Talenthub Inisiasi Talent Scouting di DIY

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 03 September 2022 - 11:07 WIB
Arief Junianto
Ciptakan Peluang Kerja, Talenthub Inisiasi Talent Scouting di DIY Peserta Talent Scouting yang digelar Direktorat Bina Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri Kemenaker di Grand Keisha, Depok, Sleman, Jumat (2/9/2022). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN — Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker RI) menggelar Talent Scouting di Jogja untuk mengatasi masalah missmatch dunia ketenagakerjaan atau ketidaksesuaian antara supply dan demand.

Direktur Bina Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri Kementerian Ketenagakerjaan, Nora Kartika Setyaningrum mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk mempertemukan sisi suplai pencari kerja muda dengan demand tenaga kerja yang dimiliki perusahaan-perusahaan di DIY, khususnya dalam bidang pekerjaan kreatif dan digital. 

Advertisement

"Salah satu faktor yang menambah tingkat pengangguran di Indonesia adalah adanya mismatch di dunia ketenagakerjaan. Kami menggelar Talenthub untuk mencoba mengatasi masalah tersebut," katanya di sela kegiatan Talent Scouting di Grand Keisha, Depok, Sleman, Jumat (2/9/2022).

BACA JUGA: Lansia dan Anak Terjebak, Begini Kronologi Kebakaran yang Tewaskan 3 Warga Sleman

Talenthub tersebut digelar Direktorat Bina Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri dengan berbagai macam perusahaan serta lowongan pekerjaan. Sejumlah perusahaan tersebut, seperti PT Inovasi Solusi Transportasi Indonesia, PT Aksara Juara Nusantara, PT Mindo Small Bussines Solutions, PT Sekarmas Nusantara, PT Media Digitech Indonesia, dan PT Aksamala Adi Andana.

Perusahaan-perusahaan tersebut membuka sekitar 51 lowongan bagi talenta-talenta muda, seperti UI/UX Designer, Web Developer, Product Manager, Formulator Research, Content Creator, Digital Marketing, dan masih banyak lagi. "Pada kegiatan ini diadakan interview antara talenta muda dengan perusahaan-perusahaan yang membutuhkan," katanya.

Untuk diketahui, merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS) tingkat pengangguran masih di angka 8,40 juta atau 5,83% yang didominasi oleh lulusan SMK yang mencapai 10,38%.

Managing Director Talenthub, Ahmad Luthfi, mengatakan Talenthub telah mengadakan program-program Pengembangan Bakat Talenta Muda yang bertujuan untuk menjaring bakat dan mengembangkan potensi talenta muda. Program tersebut dapat dimanfaatkan oleh perusahaan untuk menjaring tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhannya.

"Talenta muda dilatih untuk menguasai skill dan kompetensi yang dibutuhkan industri, khususnya industri kreatif dan digital, seperti Digital marketing, UI/UX Design, Product Photography, Digital Project Management, Digital writer, Mobile based solution, Web Development, Data science, Fundamental SEO, dan keterampilan lainnya yang dibutuhkan di dunia kerja," ujar Luthfi.

Dalam upaya pengembangan talenta muda dan menjembatani pekerja muda ke dunia kerja, menurut Luthfi, Talenthub memiliki program Talent Class, Talent Corner, Talent Talks, Talent Podcast, Focus Group Discussion (FGD) bersama Industri, Talent Scouting, Talent Fest, dan Gerakan Magang Nasional.

Talenthub mengharapkan dapat bekerjasama dan bersinergi dengan dunia industri, terutama perusahaan-perusahaan di DIY, untuk turut serta mengembangkan talenta muda atau pencari kerja muda, melalui program-program yang akan dilaksanakan Talenthub. "Untuk selanjutnya Talent Scouting ini juga akan hadir di kota-kota seperti Bali, Makassar, dan Balikpapan," katanya 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Program Desa Bersih Narkoba Bisa Menggunakan Dana Desa

News
| Selasa, 23 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement