Advertisement

Demo Tolak Kenaikan Harga BBM di Jogja Ricuh, Demonstran: karena DPRD DIY Tak Menemui Massa Aksi

Triyo Handoko
Rabu, 07 September 2022 - 19:47 WIB
Bhekti Suryani
Demo Tolak Kenaikan Harga BBM di Jogja Ricuh, Demonstran: karena DPRD DIY Tak Menemui Massa Aksi Demo menolak kenaikan harga BBM di DPRD DIY, Rabu (7/9/2022)-Harian Jogja - Gigih M Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Aksi penolakan kenaikan harga BBM oleh Aliansi Rakyat Bergerak (ARB) berakhir ricuh di depan Gedung DPRD DIY, Rabu (7/9/2022). Penyebabnya massa aksi tak dapat masuk gedung wakil rakyat tersebut.

Ketua BEM UNY Ryan Maulia Muhammad yang turut mengkoordinir massa aksi ARB dari UNY menjelaskan massa aksi marah karena DPRD DIY tak mau menemuinya. “Lalu sekitar pukul 17.00 WIB massa aksi mencoba menerobos gerbang dan membakar ban,” jelasnya, Rabu (7/9/2022).

Advertisement

Setelah membakar ban di depan gerbang DPRD DIY, lanjut Ryan, aparat keamanan memadamkannya. “Setelah itu kami dari UNY memisahkan diri dari massa aksi untuk menanggulangi risiko kericuhan lainnya,” ujarnya.

Ryan menyebut masa aksi dari UNY sekitar 200 orang. Sedangkan total massa aksi ARB sekitar 300an. “Kami memang secara jumlah mendominasi, jadi risikonya lebih besar kalau ricuh,” katanya.

BACA JUGA: Usulan Jalur Sepeda di Tol Jogja Solo Disetujui Pemerintah

Atas tak diterimanya massa aksi oleh DPRD DIY, lanjut Ryan, membuat kecewa. “Harusnya sebagai wakil rakyat mereka menemui massa aksi untuk menyerap aspirasi kami,” jelasnya.

Selain menuntut pembatalan kenaikan harga BBM, jelas Ryan, ada beberapa tuntutan lain. “Kami juga menuntut pembatalan RKUHP dan RUU Sisdiknas,” tuturnya. Tuntutan lain berupa pembatalan pembangunan Ibu Kota Nusantara dan meminta relokasi APBN untuk kemakmuran rakyat.

Ryan menjelaskan akan terus menggelar aksi penolakan kenaikan BBM. “Karena itu kebijakan yang tidak berpihak ke rakyat kecil,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cak Imin Tetapkan Kriteria Calon Kepala Daerah yang Diusung PKB

News
| Sabtu, 20 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement