Advertisement

Diterpa Pandemi, SDN Percobaan 3 Pakem Tetap Ukir Prestasi

Media Digital
Sabtu, 10 September 2022 - 07:57 WIB
Arief Junianto
Diterpa Pandemi, SDN Percobaan 3 Pakem Tetap Ukir Prestasi Siswa SDN Percobaan 3 Pakem, Sleman saat mengikuti lomba pantomim dalam ajang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLSSN) 2022 tingkat provinsi DIY beberapa waktu lalu. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Pelayanan pendidikan di SD Negeri Percobaan 3 Pakem, Sleman tetap berjalan dengan optimal meski di tengah pandemi. Bahkan, sekolah ini bisa mengukir sejumlah prestasi baik dari siswa maupun guru.

Kepala SDN Percobaan 3 Pakem, Yuni Pratiwi menuturkan sekolah ini memiliki branding sebagai Sekolah Berbudaya Prestasi. Oleh karena itu, dia berupaya mempertahankan mutu pendidikan meskipun situasi pandemi Covid-19 masih melanda.

"Dengan adanya kolaborasi yang baik antara sekolah dan masyarakat yaitu orang tua/wali murid, SDN Percobaan 3 Pakem berhasil menggapai prestasi yang menggembirakan di tingkat kabupaten, provinsi, bahkan nasional. Tidak hanya dari siswa, prestasi ini juga diukir oleh guru dan karyawan serta prestasi secara kelembagaan," kata Yuni kepada Harianjogja.com di kantornya, Jumat (9/9/2022).

BACA JUGA: Cetak Insan Berkualitas, SDN Percobaan 3 Pakem Optimalkan Peran Tripusat Pendidikan

Dia menyebutkan prestasi terbaru yang diperoleh siswanya yang mengikuti lomba pantomim dalam ajang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLSSN) 2022 tingkat Provinsi DIY. Kini, kedua siswa yang bernama Axelbian Radityaputra Gelda dan Keisha Makayla Rahima Yusuf tersebut tengah berjuang di lomba yang sama tingkat nasional.

"Sebelumnya siswa kami yang bernama Aisya Ramadhani Anshary juga memperoleh prestasi juara kedua Lomba Bertutur tingkat DIY dan Gracella Puspita Sari memperoleh juara pertama Lomba Kreativitas Siswa Gema Pertiwi Kemdikbudristek pada 2021," tambahnya.

Selain itu, siswa SDN Percobaan 3 Pakem yang bernama Aika Feyrazzahra Anshary juga menjuarai Lomba Minat Baca tingkat Provinsi DIY 2020 pada peringkat pertama dan Akhtar Alma Ernesto Rahadian mendapatkan juara ketiga pada Lomba Lukis Keagamaan tingkat Provinsi DIY pada tahun yang sama.

Pada 2019, sekolah ini juga mengukir prestasi pada ajang marching band dengan mendapatkan juara pertama di tingkat Jateng-DIY.

Marcing Band

(Tim marching band SDN Percobaan 3 Pakem) 

Advertisement

Selain siswa, kemampuan yang mumpuni dari para guru dalam menghadirkan pembelajaran yang inovatif juga menambah deretan prestasi sekolah ini. Pada 2021, guru SDN Percobaan 3 Pakem yaitu Ahmad Rikhtaudin memperoleh juara pertama Video Pembelajaran Gema Pertiwi Kemdikbudristek dan Ahsan Ariefanda meraih juara pertama Guru Performa Digital yang diselenggarakan BPMPK Kemdikbudristek.

"Meskipun pandemi dan guru harus mengajar secara tatap muka dan jarak jauh, tapi kami tetap berupaya siswa memperoleh pendidikan terbaik. Sehingga guru berinovasi membuat program pembelajaran yang menarik agar bisa dipahami siswa," terang Yuni.

SDN Percobaan 3 Pakem juga mendapatkan penghargaan sebagai mentor dalam pengembangan sekolah ramah anak Kabupaten Sleman serta juara pertama Sekolah Berbudaya Mutu Tingkat Nasional dalam kategori Whole School pada 2019.

Advertisement

Kendati menekankan budaya prestasi, Yuni memastikan bahwa penyelenggaraan pendidikan di SDN Percobaan 3 Pakem tidak hanya menekankan pada aspek kognitif semata, melainkan juga dilakukan secara menyeluruh pada aspek afektif dan psikomotorik siswa. "Melalui proses yang baik, tentunya akan diperoleh hasil yang baik pula," ujar Yuni.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemkot Magelang Berikan Proteksi Praktik Dokter

News
| Jum'at, 30 September 2022, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Hadir Tempat Glamping Baru di Jogja, Arkamaya Sembung Namanya

Wisata
| Jum'at, 30 September 2022, 15:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement