Advertisement

Haornas ke-39, UNY Siap Bantu Mengembangkan Atlet Kulonprogo

Catur Dwi Janati
Sabtu, 10 September 2022 - 11:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Haornas ke-39, UNY Siap Bantu Mengembangkan Atlet Kulonprogo Suasana Haornas di UNY Kampus Wates pada Jumat (9/9/2022) - Harian Jogja / Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO -- Memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-39, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) memusatkan peringatan tersebut di UNY kampus Wates. Dalam momen ini UNY berkomitmen untuk turut ambil bagian dalam pengembangan atlet di Kulonprogo.

Rektor UNY, Prof. Sumaryanto menerangkan pada peringatan Haornas Ke-39 ini dipusatkan di UNY Kampus Wates. Pada momen ini, Sumaryanto menjelaskan bila UNY ingin menjadi kampus pencentak juara.

Advertisement

"Tema Haornas kan Bersama Cetak Juara, ya UNY mencetak juara, berperan aktif untuk mencetak juara. Dari pendidikan dini sampai atlet profesional," terangnya pada Jumat (9/9/2022).

Keberadaan kampus UNY di Wates disebutkan Sumaryanto siap berkomitmen dengan pemerintah daerah dalam kemajuan atlet di bidang olahraga. Bentuknya beragam, bisa pendampingan hingga penyelenggaraan kompetisi olahraga untuk para atlet di Kulonprogo.

"Iya jadi bisa sebagai pelatih, orang UNY bisa sebagai pembina, bisa sebagai penyelenggara atau UNY-nya kita arahkan mahasiswanya supaya ke Kulonprogo," terangnya.

Baca juga: Masalah Sampah seolah Tanpa Usai, Dosen Teknik Kimia UGM Ini Tawarkan Solusi

Secara tegas Sumaryanto menyatakan siap berkomitmen untuk mendampingi Pemda Kulonprogo dalam kemajuan pendidikan dan olahraga di Kulonprogo. "Karena kita dibantu Pemda Kulonprogo, kita banyak dibantu ya kita harus banyak membantu kulonprogo juga," tegasnya.

Dengan sejumlah fasilitas berstandar untuk kejuaraan olahraga nasional, UNY siap menjadi bagian Porda DIY bila kedepannya bertuan rumah di Kulonprogo. 

UNY kampus Wates disebutkan Sumaryanto memiliki sejumlah fasilitas olah terstandar seperti kolam renang, auditorium untuk multi event seperti tenis meja, voli, hingga basket serta beragam fasilitas lain. "Lebih 50 persen uang UNY didedikasikan untuk kampus Wates. Sambil persiapan kalau olahraga untuk Porda yang akan datang, kan Kulonprogo tuan rumah. Supaya sukses penyelenggaran dan sukses prestasi," tegasnya.

"Gor UNY bisa untuk tenis, basket, untuk fitnes, sport therapy. Dormitory bisa untuk atlet. Terus yang utara itu bisa softball, atletik sepak bola, hingga panahan berstandar nasional," terangnya 

Dalam Haornas kali ini ratusan civitas akademika UNY melakukan jalan sehat di sekitar kampus. Jalan sehat ini diikuti 500 peserta termasuk dosen, karyawan, mahasiswa dan warga sekitar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Petinggi Freeport Temui Jokowi, Ini yang Dibahas

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 18:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement