Advertisement

Ini Pentingnya Perlindungan Sosial Ketenagakerjaan bagi Peserta Rentan

Abdul Hamied Razak
Selasa, 13 September 2022 - 10:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ini Pentingnya Perlindungan Sosial Ketenagakerjaan bagi Peserta Rentan Destina Handityarini selaku Plant Manager PT. Sera Food Indonesia didampingi Wahyu Triyasno Kepala BPJamsostek Sleman Wahyu Triyasno saat menyalurkan santunan kepada ahli waris peserta BPJamsostek di Brayut Pandowoharjo, Sleman, Senin (12/9 - 2022). Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN– Perlindungan sosial ketenagakerjaan bagi kelompok rentan perlu terus digalakkan. Pasalnnya, manfaat kepesertaan jaminan perlindungan sosial ketenagakerjaan tersebut dinilai besar untuk membantu keluarga ahli waris.

Seperti yang dirasakan ahli waris Yusuf Dedy Sunorto, peserta BPJS Ketenagakerjaan dari kelompok pekerja rentan di Sleman. Dedy merupakan penerima program corporate social responsibility (CSR) Perusahaan dari PT Sera Food Indonesia sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek). Ahli waris mendapatkan santunan kematian sebesar Rp42 juta. 

Advertisement

"Sejak 2022 ini, CSR kami wujudkan dalam bentuk kerjasama dengan BPJamsostek melalui Program Perlindungan Pekerja Rentan," kata Destina Handityarini selaku Plant Manager PT. Sera Food Indonesia didampingi Wahyu Triyasno Kepala BPJamsostek Sleman Wahyu Triyasno saat menyalurkan santunan kepada ahli waris peserta BPJamsostek di Brayut Pandowoharjo, Sleman, Senin (12/9/2022).

Program CSR ini, lanjutnya diberikan kepada masyarakat sekitar dalam Program Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian. “CSR ini merupakan bentuk kepedulian sosial dan komitmen perusahaan untuk selalu berpartisipasi dalam membantu pekerja rentan yang ada di sekitar perusahaan yang manfaatnya dapat langsung dirasakan,” ucap Destiana.

Baca juga: FKY 2022, Desentralisasi dan Meriwayatkan Budaya dalam Arsip

Sementara Wahyu menyampaikan ahli waris penerima santunan kematian merupakan peserta BPJamsostek yang baru terdaftar 1 bulan. “Walaupun baru mendaftar BPJS Ketenagakerjaan, namun kami tetap memberikan hak yang sudah selayaknya diberikan," katanya.

Menurutnya, manfaat program jaminan sosial ketenagakerjaan ini sangatlah besar, dibandingkan dengan jumlah iurannya yang hanya sebesar 16.800 rupiah/bulan. "Harapannya penerima CSR ini dapat melanjutkan kepesertaannya secara mandiri dan berkelanjutan” jelas Wahyu. 

Kepala Kantor BPJamsostek Cabang Yogyakarta Teguh Wiyono mengatakan manfaat yang  dibayarkan BPJamsostek Sleman periode Januari-Agustus 2022 sebesar Rp49,87 miliar dari total 4.949 kasus. “Kami mengapresiasi perusahaan yang menjalankan kewajibannya untuk mendaftarkan pekerjanya menjadi peserta BPJamsostek, sehingga para pekerja bisa mendapatkan hak perlindungan beserta manfaat sebagaimana mestinya," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement