Advertisement

BOB: Toilet Bisa Jadi Gambaran Kebersihan Destinasi Wisata

Catur Dwi Janati
Jum'at, 23 September 2022 - 08:57 WIB
Sirojul Khafid
BOB: Toilet Bisa Jadi Gambaran Kebersihan Destinasi Wisata BOB meresmikan bangunan toilet baru di Desa Wisata Tinalah di Purwoharjo, Samigaluh, Kulonprogo, Kamis (22/9/2022) - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Badan Otorita Borobudur (BOB) mencatat masih banyak destinasi wisata di DIY yang membutuhkan pengembangan fasilitas sarana sanitasi, khususnya toilet. Fasilitas toilet dianggap bisa menggambarkan kebersihan suatu destinasi wisata yang menjadi bagian dari CHSE. 

Direktur Utama BOB, Indah Juanita, mengatakan tidak hanya menyangkut kebersihan, sanitasi erat dengan kesehatan, dalam konteks ini kesehatan para wisatawan yang berkunjung.

"Toilet itu salah satu dari keperluan untuk Cleanliness, Health, Safety dan Environment Sustainability (CHSE)," kata Indah di Desa Wisata Tinalah di Purwoharjo, Samigaluh, Kulonprogo, Kamis (22/9/2022). 

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Menurut Indah, CHSE pada destinasi pariwisata merupakan salah satu faktor penting untuk mendukung kepercayaan masyarakat agar dapat kembali berwisata pasca pandemi Covid-19. "CHSE adalah program unggulan Kemenparekraf sebagai satu dari sekian banyak ikhtiar Kemenparekraf guna mewujudkan pariwisata Indonesia yang berdaya saing di kancah pariwisata dunia," jelasnya.

"Jadi kalau kita mau masuk ke sebuah rumah pasti yang dilihat toiletnya bersih atau tidak, kalau toiletnya bersih ruangan yang lain bersih. Ini merupakan salah satu cerminan bahwa kalau satu desa ada toilet umumnya terjaga bersih, maka biasanya orang kalau datang kesini akan yakin kalau lingkungannya bersih dan bersahabat," tegasnya. 

Wilayah koordinatif BOB mencakup 30 Kabupaten/Kota, lima di DIY, 21 di Jawa Tengah dan empat kabupaten di Jawa Timur. Dari cakupan wilayah tersebut, menurutnya masih banyak destinasi wisata yang perlu pengembangan sarana sanitasi yang berstandar, dalam hal ini toilet.

BACA JUGA: Aduan Pencatutan Nama Warga Jadi Anggota Parpol di Kulonprogo Terus Bertambah

"Banyak sekali [yang kekurangan toilet]. Tapi kami bergerak dengan kemampuan kami. Jadi kami prioritaskan yang mana dulu," tandasnya. 

Desa Wisata Tinalah di Purwoharjo, Samigaluh, Kulonprogo menjadi salah satu sasaran percontohan pembangunan sarana fasilitas bersih sesuai CHSE. "Sekarang ini BOB sudah bisa menyelesaikan satu toilet yang bisa menjadi contoh untuk kami bangun lagi di desa yang lain," tambahnya.

Advertisement

"Supaya semua desa wisata itu meningkatkan standarnya. Jadi standarnya itu bisa kami promosikan dengan baik. Bisa kami jaga dengan baik dengan kelengkapan-kelengkapan fasilitas yang dibutuhkan dengan baik," tandasnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kulonprogo, Joko Mursito, menjelaskan bila sanitasi dalam desa wisata maupun destinasi wisata menjadi aspek penting yang dalam pembangunan wisata. Dalam penilaian gelar desa wisata, aspek sanitasi sepeeti toilet pun dimasukkan dalam penilaian. "Toilet itu menjadi utama malahan," ujarnya pada Kamis (22/9/2022).

BACA JUGA: Dirugikan hingga Rp4,9 Miliar akibat Kredit Fiktif, Pegadaian Brosot Ambil Tindakan Tegas

Advertisement

Visi pariwisata Kulonprogo disebutkan Joko mengusung Pariwisata Kolaboratif, Berbasis Budaya, Berkelanjutan dan Berkelas Dunia. Pada sisi berkelanjutan ini mengandung unsur keamanan dan pelestarian lingkungan. Dari pengamatannya, sebagian desa wisata sudah baik dalam aspek ini. 

"Kondisinya sebagian besar sudah baik, bahkan kami sudah menyentuh ke ranah difabel. Kami melakukan pernah farm trip difabel yang itu sesungguhnya memastikan bahwa destinasi wisata dan desa wisata sudah mulai berpikir untuk ramah difabel," ujarnya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Pengunjung FKY Tembus 39.000 Orang

Pengunjung FKY Tembus 39.000 Orang

Jogjapolitan | 3 hours ago

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK: Hakim Agung Sudradjad Bermain di Banyak Perkara

News
| Minggu, 25 September 2022, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Ada Paket Wisata ke Segitiga Bermuda, Uang 100% Kembali Jika Wisatawan Hilang

Wisata
| Minggu, 25 September 2022, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement