Advertisement

Beroperasi Terbatas, Layanan RS Tipe D di Bantul Digratiskan

Ujang Hasanudin
Rabu, 28 September 2022 - 16:37 WIB
Arief Junianto
Beroperasi Terbatas, Layanan RS Tipe D di Bantul Digratiskan Ilustrasi. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL — Rumah sakit (RS) tipe D Bantul bernama RS Saras Adyatma yang berlokasi di Kapanewon Bambanglipuro resmi beroperasi. Hanya saja, karena layanan masih terbatas, maka operasional RS Tipe D tersebut masih digratiskan.

“Sudah beroperasi, intinya sudah jalan sebuah rumah sakit kelas D Saras Adyatma. Layanan supporting misalnya paru, layanan KIA, pemantauan ibu hamil, gizi buruk dan penyakit menular lain,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Agus Budi Raharja, Rabu (28/9/2022).

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Meski sudah beroperasi, tetapi layanan kesehatan di rumah sakit tersebut masih gratis atau belum ada tarif yang dibebankan kepada pasien karena belum ada dasar hukumnya.

Saat ini pihaknya masih berupaya menjadikan RS tipe D dalam pengelolaan keuangan melalui konsep Badan layanan Umum Daerah (BLUD).

BACA JUGA: Honor Naik, Pendaftar Panwascam di Bantul Meningkat

Selain itu juga membutuhkan kerja sama dengan BPJS Kesehatan agar operasional rumah sakit tetap maksimal. “Tidak bisa BLUD saja tanpa kerja sama dengan BPJS Kesehatan. Apalagi Bantul sudah UHC, sehingga hampir semua warga Bantul sudah menjadi peserta BPJS. Rumah sakit juga butuh operasional, maka perlu BLUD dan kerjasama dengan BPJS,” katanya.

Selain itu, hinga kini penyempurnaan gedung juga terus dilakukan, termasuk menambah sarana prasarana serta penambahan dokter spesialis sesuai kebutuhan.

Kepala RS Tipe D, Tarsius Glory mengatakan meski sudah beroperasi, operasional RS Tipe D masih terbatas dan baru membuka layanan sepenuhnya pada 3 Oktober mendatang. “Saat ini baru layanan program prioritas,” katanya.

Advertisement

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih sebelumnya mengatakan bahwa keberadaan fasilitas kesehatan ini sangat penting dan bernilai strategis, dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Oleh karenanya, dengan adanya RS Tipe D Saras Adyatma diharapkan dapat digunakan sesuai dengan peruntukannya.

BACA JUGA: Jasad Orok Ditemukan di Pantai Parangkusumo

Menurutnya, keberadaan Rumah Sakit Tipe D tersebut menjawab tantangan kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan, baik dari aspek kualitas maupun kuantitas, yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas derajat kesehatan masyarakat Kapanewon Banguntapan dan Kabupaten Bantul secara keseluruhan.

Advertisement

Sementara Anggota Komisi D DPRD Bantul yang membidangi kesehatan, Paidi mengatakan dibangunnya RS Tipe D Saras Adyatma diharapkan mampu mewadahi atau memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang berada di sisi selatan seperti Sanden, Kretek, Pundong dan Pandak.

Meski belum beroperasi sepenuhnya, namun rumah sakit tersebut bisa mengurangi antrean di rumah sakit wilayah perkotaan. “Sehingga semakin banyak yang bisa terlayani dengan cepat khususnya dari wilayah Bantul selatan,” katanya.

Namun, konsekuensinya adalah dokter dan peralatan medis harus lengkap, termasuk penambahan dokter spesialis.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cek Sederet Situs Live Streaming Gratis untuk Nonton Piala Dunia 2022

News
| Sabtu, 26 November 2022, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Unik! Hindari Bajak Laut, Rumah di Pulau Ini Dibangun di Bawah Batu Raksasa

Wisata
| Sabtu, 26 November 2022, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement