Advertisement

Isu Seragam & Pungutan di Sekolah DIY Ramai Dibahas, Ini Komentar Sultan HB X

Sunartono
Kamis, 29 September 2022 - 06:17 WIB
Arief Junianto
Isu Seragam & Pungutan di Sekolah DIY Ramai Dibahas, Ini Komentar Sultan HB X Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Setelah pihak sekolah merespons keras pernyataan ORI DIY soal sekolah yang diuntungkan miliaran rupiah karena jual-beli seragam, kini giliran Gubernur DIY Sri Sultan HB X angkat bicara.

Sultan menegaskan tidak boleh ada paksaan terkait seragam dan pungutan di sekolah. 

Advertisement

Pada prinsipnya, kata dia, seragam tidak boleh dipaksakan siswa harus membeli di sekolah. Meski pada akhirnya dikoordinasikan oleh forum orang tua siswa, tetap tidak boleh ada paksanaan. 

“Prinsip tidak boleh untuk seragam, la sekarang prinsip ya. Bantuan dari orang tua itu prinsipnya boleh, tetapi sekarang pemaksaan atau tidak, sukarela. Nek terus ngarani [menentukan jumlahnya] itu enggak bisa,” katanya di Kepatihan, Rabu (28/9/2022).

BACA JUGA: 8.900 Bidang Tanah Kraton dan Pakulaman Telah Disertifikasi

Adapun terkait dengan pungutan, jika hal itu dilakukan secara sukarela dan tidak ada paksanaan diperbolehkan karena ada aturannya. “Neng nek sukarela itu kemungkinan bisa, tetapi yang mengerjakan itu kebijakan lokal. Itu kan ada keputusan menteri, semua tahu,” ucapnya.

Sultan mengatakan karena sudah ada regulasi yang mengatur maka tidak ada alasan lagi bagi pihak sekolah untuk tidak mengetahui. Sehingga harus sesuai aturan tidak boleh dipaksakan.

“Kalau dipaksa ya enggak boleh, tetapi kalau itu terserah keikhlasan orang tua itu masalah lain, boleh, dalam iuran kan boleh. Tetapi jangan ngarani, nek ngarani kan mekso,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BKKBN-TNI AD Kolaborasi Membangun Sumber Air Bersih Guna Turunkan Stunting

News
| Kamis, 25 April 2024, 18:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement