Advertisement

Ubah Sungai Winongo Jadi Asri, Warga Pringgokusuman Gelar Merti Kali

Sunartono
Minggu, 23 Oktober 2022 - 21:47 WIB
Budi Cahyana
Ubah Sungai Winongo Jadi Asri, Warga Pringgokusuman Gelar Merti Kali Bregada Rakyat melakukan kirab dalam rangkaian Merti Kali di Bantaran Sungai Winongo, Kelurahan Pringgokusuman, Gedongtengen, Kota Jogja, Minggu (23/10/2022). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Warga Kelurahan Pringgokusuman, Kemantren Gedongtengen, Kota Jogja, berhasil mengubah citra bantaran sungai yang dianggap kumuh menjadi tempat yang bersih dan asri. Warga menggelar Merti Kali sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat bahwa kawasan Sungai Winongo bersih dan dapat dikunjungi, pada Minggu (23/10/2022).

Sekretaris Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Pringgokusuman, Gedongtengen, Kota Jogja Ngatijo, menjelaskan Merti Kali digelar sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan. Saat ini pemerintah sudah memberikan perhatian terhadap upaya penataan di bantaran sungai. Penataan dapat meminimalisasi potensi bencana seperti tanah longsor dan banjir yang selama ini menghantui. Di sisi lain, seluruh warga Pringgokusuman memiliki semangat yang sama, yaitu menjadi sungai tetap bersih dan asri.

Advertisement

"Selama ini air memberikan banyak manfaat untuk masyarakat di bantaran Sungai Winongo. Sudah menjadi kewajiban kami untuk menjaga sungai," katanya Minggu (23/10/2022).

Ia mengatakan masyarakat berusaha untuk mengembangkan potensi wisata seiring dengan penataan bantaran sungai. Sama seperti Sungai Code, Sungai Winongo yang berada di Pringgokusuman pun memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Dari sisi tata ruang, saat ini sekitar Winongo masih asri dan belum banyak gedung bertingkat di sekitarnya.

"Sehingga bisa menjadi salah satu penyangga kawasan wisata Malioboro yang berada di pusat kota. Kami bersama warga terus menjaga sungai agar tetap asri dan berusaha menjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata," ucapnya.

Warga berkomitmen menunjukkan berbagai potensi yang dimiliki, agar Pringgokusuman banyak didatangi sebagai destinasi. Salah satunya untuk mendukung wisata sungai, warga mengembangkan potensi seni budaya pada anak usia TK hingga SD hingga masyarakat dewasa

"Kami memiliki potensi pengembangan seni budaya sebagai pendukung, banyak sekali anak TK hingga SD di Pringgokusuman yang sudah bergabung dalam kelompok seni seperti karawitan," katanya.

Merti Kali di Sungai Winongo Pringgokusuman digelar dengan kirab gunungan hasil bumi, dikawal bregada rakyat, kelompok marching band tradisional. Masyarakat pun antusias mengikuti dan menyaksikan prosesi Merti Kali.

Kegiatan itu digelar secara swadaya oleh masyarakat di Kelurahan Pringgokusuman. Ngatijo berharap ke depan mendapatkan dukungan dari pemerintah agar melalui Pokdarwis bisa menggelar kegiatan tersebut. Mengingat lewat kegiatan tersebut dapat menggerakkan ekonomi warga sekaligus melestarikan budaya merti kali.

"Selain melestarikan budaya, kegiatan ini dapat menghapus image bantaran sungai yang sering dianggap miskin dan kumuh, tetapi sebenarnya bisa bersih asri dan ekonomi warga tumbuh," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenkes Buka Pendaftaran Lowongan Nakes untuk 4 Rumah Sakit

News
| Kamis, 25 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement