Advertisement

Busana Upcycle dan Recycle Dipamerkan di Atas Catwalk JAFF

Yosef Leon
Minggu, 06 November 2022 - 22:07 WIB
Arief Junianto
Busana Upcycle dan Recycle Dipamerkan di Atas Catwalk JAFF Sejumlah busana yang ditampilkan dalam perhelatan Jogja Art Fesyen Festival di Jogja Nasional Museum, Minggu (5/11/2022). - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Sedikitnya 50 kreator busana dan belasan fashion designer meramaikan perhelatan Jogja Art Fashion Festival (JAFF) yang diselenggarakan di Jogja Nasional Museum, Minggu (5/11/2022). Perhelatan perdana busana artwear di Jogja ini diharapkan jadi sarana pemberdayaan dan pengembangan bagi UMKM nasional. 

Project Director JAFF, Afif Syakur mengatakan, penyelenggaraan JAFF bertujuan memberikan sarana atau wadah bagi UMKM, mahasiswa fesyen desain dan desainer untuk menampilkan karyanya. Dengan hadirnya acara diharapkan dapat melahirkan seniman-seniman dalam bidang fesyen, khususnya artwear. 

Advertisement

"Event ini juga mengangkat produk UMKM dengan cara kolaborasi baik sesama UMKM maupun UMKM dengan desainer fesyen atau kreator busana, hal ini dimaksudkan agar produk UMKM naik kelas, memiliki nilai jual lebih tinggi dan semakin dikenal oleh masyarakat," kata dia, Minggu. 

Adapun tema yang diangkat yakni Sustainable Fashion di mana para desainer diwajibkan merancang busana dengan konsep upcycle dan recycle produk fesyen yang sudah ada sebelumnya.

BACA JUGA: Berjuluk Ratu Robusta, Perempuan Ini Bertekad Sejahterakan Petani Kopi Nusantara

Dengan dukungan BI KPw DIY, sebanyak 10 koleksi busana yang diperagakan juga akan disumbangkan kepada Jogja Nasional Museum. "Ada 50 peserta yang berpartisipasi dalam JAFF berasal dari berbagai daerah seperti Jogja, Sumedang, Bandung dan Jakarta. Pertunjukan busana kami gelar dengan tiga sesi," kata dia. 

Beberapa nama desainer yang berpartisipasi di antaranya Zainab Assegaf x Sanggar Batik Tulis Tenun Gedog Sekar Ayu Tuban, Nazla Ulhaq, Happy Pranata, Debora Risty x Sanggar Batik Tulis Tenun Gedog Sekar Ayu Tuban, Tata Prabawa, Prabawa Paras Asri, Alma Maharani Balqis x Sanggar Batik Tulis Tenun Gedog Sekar Ayu Tuban, Afif Ghurub dan Dadang Supeuna

Kemudian ada Ensa Ernansya Gultom x Sanggar Batik Tulis Tenun Gedog Sekar Ayu Tuban, Munaya Muhammad x Sanggar Batik Tulis Tenun Gedog Sekar Ayu Tuban, Taufik Hidayat x valerian by poci aksesoris, Rahmi Aulia x Sanggar Batik Tulis Tenun Gedog Sekar Ayu Tuban, Danila Widhiananda × Layana Creative, Aura Shalshabila, dan Heru Fahrurroji. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari Warisan Dunia Tekankan Peran Anak Muda sebagai Pelestari Warisan Budaya Berkelanjutan

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement