Advertisement

Grup Musik Abdi Dalem Kraton Jogja Rilis Album Tepat di Hari Pahlawan

Sunartono
Kamis, 10 November 2022 - 17:37 WIB
Arief Junianto
Grup Musik Abdi Dalem Kraton Jogja Rilis Album Tepat di Hari Pahlawan Pentas Musikan dari Tim Ansambel Tiup Yogyakarta Royal Orchestra dalam rangka Hari Pahlawan di Bangsal Mandalasana, Kraton Yogyakarta, Kamis (10/11/2022). - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Abdi Dalem Musikan yang tergabung dalam tim ensembel tiup Yogyakarta Royal Orchestra (YRO) di bawah Kawedanan Kridhamardawa Karaton Ngayogyakarta Hadininingrat merilis album bertajuk Concerto Nusantara.

Rilis album itu dilakukan bersamaan dengan Pentas Musikan Mandalasana di Kagungan Dalem Bangsal Mandalasana bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan Nasional, Kamis (10/11/2022).

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

“Bertepatan dengan Pentas Musikan Mandalasana digelar yaitu pada pukul 10.00 akan kami rilis juga di kanal Youtube Kraton Jogja, album Concerto Nusantara,” kata Penghageng Kawedanan Kridhamardawa KPH Notonegoro dalam rilisnya, Kamis.

Album Concerto Nusantara berisikan enam repertoar yang dibawakan dalam Konser Yogyakarta Royal Orchestra–Concerto Nusantara yang digelar pada 21 Juni 2022 lalu untuk memperingati Hari Ulang Tahun Pertama Yogyakarta Royal Orchestra.

BACA JUGA: Ancaman Bencana Hidrometeorologi di Jogja, Ini yang Dilakukan Pemkot

Keenam repertoar itu masing-masing adalah Malam Bainai (Solo Suling-Saluang); Ofa Langga Soba-Soba (Solo Sasando); Lisoi (Sextet Vokal); Concerto Nusantara (featuring Iskandar Widjaja) – Movement I; Concerto Nusantara (featuring Iskandar Widjaja) – Movement II; dan Concerto Nusantara (featuring Iskandar Widjaja) – Movement III. Adapun untuk perilisannya di kanal digital lain seperti Spotify dan iTunes masih dalam proses.

“Rilis album Concerto Nusantara ini sengaja kami lakukan di Hari Pahlawan Nasional, karena semangat persatuan dari lagu-lagu daerah yang ada di album ini yang menjadi cikal bakal semangat perjuangan para pahlawan yang diekspresikan melalui repertoar,” ujarnya.

Adapun untuk pemantasan secara luring diharapkan dapat mengobat kerinduan masyarakat dalam menyaksikan pentas musik di dalam keraton secara langsung.

Advertisement

Selama pandemi YRO menggelar Pentas Musikan secara daring dan hibrida, serta berpentas di beberapa tempat berbeda. Acara dihadiri masyarakat umum dengan membeli tiket wisata Museum Kedhaton Kraton Ngayogyakarta.

“Pentas kali ini bagi teman-teman Abdi Dalem Musikan kembali ke ‘rumahnya’ yaitu di Bangsal Mandalasana Kraton Jogja dengan pementasan full luring,” ujarnya.

Dalam peringatan Hari Pahlawan Nasional 2022 ini, Pentas Musikan Mandalasana menghadirkan lagu-lagu bertema kebangsaan dan perjuangan seperti Indonesia Raya; Gati Mardawa; Pada Pahlawan; Pantang Mundur; Pahlawan Merdeka; Puing; Gugur Bunga; Maju Tak Gentar; Bagimu Negri dan Medley Persatuan (medley lagu Dari Sabang Sampai Merauke, Bhinneka Tunggal Ika, dan Garuda Pancasila).

Advertisement

Tim ensembel tiup Yogyakarta Royal Orchestra akan dipandu oleh konduktor ML. Widyoyitnowaditro. Pada kesempatan kali ini dua vokalis perempuan yaitu Ika Sri Wahyuningsih dan Okky Kumalasari juga akan memeriahkan Pentas Musikan Mandalasana pada beberapa repertoar.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prakiraan Cuaca, Hari Ini: Siang Ini, Kota dan Sleman Dilanda Hujan Petir

News
| Kamis, 08 Desember 2022, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Jalan Layang Paling Membingungkan di Dunia, Perlu 10 Menit Keluar Kalau Salah Jalur

Wisata
| Rabu, 07 Desember 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement