Advertisement

Sempat Tertutup Tanah Longsor, Begini Kondisi Akses Jalan di Seropan II

CRA22
Senin, 14 November 2022 - 19:57 WIB
Arief Junianto
Sempat Tertutup Tanah Longsor, Begini Kondisi Akses Jalan di Seropan II Situasi Padukuhan Seropan II Setelah Longsor Pada Sabtu, (13/11/2022). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL — BPBD Kabupaten Bantul dan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPK) memberikan bantuan penanganan tanah longsor di Seropan II, Muntuk, Kapanewon Dlingo, Kabupaten Bantul, Minggu (13/11/2022).

Tanah longsor yang menyebabkan bangket sepanjang sekitar 25 meter dengan tinggi tiga meter hancur tersebut sempat menutup akses jalan padukuhan dan mengakibatkan sedikit kerusakan kepada rumah warga.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Anggota FPRB Sewon, Reza Setyoko mengatakan penanganan tersebut terbantu dengan batuan eskavator dari DPUPKP dan paket logistik dari BPBD Kabupaten Bantul.

"Di Seropan 2 RT 2 hanya menutup akses jalan kampung. Sedangkan di Seropan 2 RT 1, material longsoran mengenai sebagian rumah warga," kata Reza dihubungi pada Minggu, (14/11/2022) malam.

BACA JUGA: Bersepada Sekaligus Promosi Wisata Bantul

Longsor tersebut terjadi akibat hujan deras di seluruh Kabupaten Bantul pada Sabtu, 13 November 2022 lalu sekitar pukul 17.00 WIB.

Kepala Bidang Kedaruratan Logistik dan Peralatan Kabupaten Bantul, Antoni Hutagaol, mengatakan pihaknya telah memberi empat paket logistik untuk Padukuhan Seropan II.

“[Ketika terjadi bencana] langsung kami asesmen dan perkirakan kebutuhannya [bantuan]. Terkait penanganan kerja bakti kami memberi dukungan logistik permakanan dan [tenaga untuk] kerja bakti,” kata Antoni dihubungi pada Senin, (14/11/2022).

Advertisement

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Bantul, Agus Yuli, mengatakan akan melakukan asesmen lebih lanjut di Padukuhan Seropan II pada Selasa, 15 November 2022.

“Besok akan kami lakukan asesmen lebih lanjut untuk nanti kami hitung kembali [kerusakannya]. Nah rencananya kalau memang memungkinkan, kami akan mengajukan untuk dana BTT [Belanja Tak Terduga] baik Seropan RT 1 maupun 2,” kata Agus dihubungi pada Senin, (14/11/2022).

Lebih lanjut, Agus mengatakan bahwa di Jalan Siluk, Gua Cerme juga terjadi longsor. Katanya, BPBD Bantul telah mengobservasi kondisi dan akan dilakukan asesmen lebih jauh besok.

Advertisement

Agus mengimbau agar masyarakat selalu waspada terkhusus yang berada di wilayah rawan. “Seperti rumah di Seropan yang kena longsor itu mestinya drainase yang ada harus diperbagus jangan sampai ada air yang menambah beban tanah-tanah [dengan kemungkinan] longsor yang tinggi,” ujar dia.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prakiraan Cuaca DIY Hari Ini, Bantul Hujan Tipis

News
| Sabtu, 03 Desember 2022, 08:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Natal, Patung Cokelat Sinterklas Terbesar di Indonesia Ada di Hotel Tentrem Jogja

Wisata
| Jum'at, 02 Desember 2022, 23:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement