Advertisement

Infrastruktur Menentukan Kemajuan Pariwisata 

Media Digital
Selasa, 29 November 2022 - 21:47 WIB
Budi Cahyana
Infrastruktur Menentukan Kemajuan Pariwisata  Anggota Komisi B DPRD DIY, Suwardi (kiri) saat menghadiri Pergelaran Atraksi Wisata di kawasan wisata Bukit Sri Panjung Dodogan, Jatimulyo, Dlingo, Senin (28/11/2022). - Istimewa

Advertisement

BANTUL—Pembangunan infrastruktur sangat menentukan kemajuan pariwisata di suatu wilayah. Hal ini disampaikan oleh anggota Komisi B DPRD DIY, Suwardi, seusai mengunjungi Pergelaran Pagelaran Atraksi Wisata di kawasan wisata Bukit Sri Panjung Dodogan, Kalurahan Jatimulyo, Kapanewon Dlingo, Senin (28/11/2022).

“Infrastruktur sangat dibutuhkan di Dlingo. Karena luasnya kawasan, maka untuk menuju ke Bukit Sri Panjung diperlukan sarana prasarana yang memadai,” kata Suwardi.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Menurutnya, membangun infrastruktur di Dlingo merupakan upaya bersama. Terlebih, Dlingo merupakan kawasan strategis berkaitan dengan visi misi Gubernur DIY, yaitu Menyongsong Abad Samudra Hindia untuk Kemuliaan Martabat Manusia Jogja.

Dia menegaskan bahwa Dlingo yang merupakan wilayah perbukitan rawan bencana longsor yang berpotensi merusak destinasi pariwisata. Oleh karena itu, sasaran pembangunan harus tepat dan merata. “Pemerataan pembangunan harus menjadi komitmen bersama, sehingga pemerintah bisa memberikan program yang baik. Selain itu, masalah kemiskinan di Dlingo juga harus diselesaikan. Jadi, kedua persoalan ini harus ditangani secara komprehensif,” katanya.

Program pengembangan atraksi wisata, menurut Suwardi, dapat menumbuhkan perekonomian di Dlingo. “Agar pengembangan pariwisata bisa berhasil, maka harus didukung oleh seluruh masyarakat. Karena wisatawan perlu pelayanan yang baik selain objek wisata yang menarik,” ucapnya.

Pengembangan potensi lokal seperti kesenian jatilan dapat mengundang daya tarik wisatawan sehingga banyak usah kecil yang bermunculan. Pariwisata yang maju, kata Suwardi, juga berdampak pada pengusaha di Dlingo seperti tukang atau perajin kayu.

Dijelaskan Suwardi, selainm pariwisata, sektor pertanian juga dapat dikembangkan di wilayah Dodogan dan Dlingo pada umumnya. Dodogan yang berbatasan dengan Kalurahan Temuwuh dapat mengembangkan tanaman tembakau seperti yang dikembangkan di Temuwuh.

Mengacu pada kondisi wilayah yang didominasi perbukitan, di Dlingo dapat dikembangkan hutan rakyat untuk mencegah potensi longsor. Selain itu, pengembangan agrowisata juga menjadi potensi yang bagus untuk dikembangkan. Pergelaran Atraksi Wisata di Bukit Sri Panjung didukung oleh Dinas Pariwisata DIY. Secara umum, Disbud DIY mendukung pengembangan potensi pariwisata di Dlingo dalam upaya meningkatkan perekonomian warga sekitar. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Simak! Cara Daftar KIP Kuliah 2023

News
| Kamis, 02 Februari 2023, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Traveloka Dorong Digitalisasi Pariwisata di DIY

Wisata
| Kamis, 02 Februari 2023, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement