Advertisement

Pemkab Sleman Ingatkan Bahaya Hoaks dalam Pemilu

Anisatul Umah
Kamis, 15 Desember 2022 - 23:47 WIB
Budi Cahyana
Pemkab Sleman Ingatkan Bahaya Hoaks dalam Pemilu Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sleman menggelar Deklarasi Pemilu Tanpa Pelanggaran Pidana Pemilu di Hotel Alana Ngaglik, Sleman, Kamis (15/12/2022). Deklarasi ini ditandatangani oleh Pemkab Sleman, Kapolresta Sleman, Kejari Sleman, KPU Sleman, dan parpol peserta Pemilu 2024.

Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesra Sleman Aji Wulantoro mengatakan sikap bijak diperlukan agar pemilu berjalan dengan tertib dan damai. Dia mengingatkan masyarakat tidak mudah terpancing hoaks dan menghindari politik uang.

Advertisement

Saat ini, kata Aji, banyak tren dan strategi untuk memenangi pemilu. Salah satunya menggunakan isu identitas di media sosial untuk menjatuhkan lawan politiknya.

"Saya perlu ingatkan semua pihak untuk tidak terpancing hoaks," ucapnya, Kamis (15/12/2022).

Ketua Bawaslu Sleman M. Abdul Karim Mustofa mengatakan deklarasi ini dilakukan untuk menghadirkan pemilu yang bersih. Bawaslu akan terus menyampaikan ke masyarakat terkait langkah dan fungsi pencegahan di Pemilu 2024.

"Fungsi pencegahan kami dorong terus sehingga menghasilkan pemilu yang integritas, demokratis, dan meminimalisasi pelanggaran-pelanggaran yang ada," ucapnya.

Isu identitas kerap bergulir di media saat pesta demokrasi berlangsung. Menurutnya Bawaslu sedang membuat model pencegahan dengan menggandeng Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Kapolresta Sleman AKBP Achmad Imam Rifai menyampaikan Pemilu 2024 bukan hajatan yang pertama digelar.  "Polresta Sleman siap mendukung penuh dan mengamankan kegiatan, tahapan-tahapan, dan saat pelaksanaan. Buruh sinergi dan kerja sama dengan semua pihak," ungkapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement