Advertisement

DIY Siapkan Skenario Pemerataan Pengunjung di Destinasi Wisata Saat Nataru

Sunartono
Jum'at, 16 Desember 2022 - 19:27 WIB
Budi Cahyana
DIY Siapkan Skenario Pemerataan Pengunjung di Destinasi Wisata Saat Nataru Puluhan perahu jongkong bersandar di Pantai Gesing di Kalurahan Girikarto, Panggang, belum lama ini. - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Pariwisata DIY telah menyiapkan sejumlah skenario untuk membatasi jumlah pengunjung pada suatu destinasi. Cara ini dilakukan agar tidak menimbulkan kemacetan sata libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo menyatakan koordinasi lintas sektor telah menyepakati pembatasan jumlah wisatawan pada setiap destinasi wisata. Selain untuk pemerataan, upaya itu sekaligus mencegah penumpukan jumlah wisatawan di sejumlah destinasi.

Advertisement

“Langkah yang kami lakukan adalah memeratakan event dalam rangkaian libur Nataru,” katanya, Jumat (16/12/2022).

Pembatasan dilakukan sesuai dengan kapasitas setiap destinasi wisata. Selain itu, pengelola wisata diminta untuk menyediakan fasilitas untuk memastikan daya dukung lingkungan suatu destinasi wisata termasuk memadai. Jangan sampai objek wisata kelebihan kapasitas yang berdampak pada kemacetan atau kepadatan arus serta menjadikan wisatawan tidak nyaman.

BACA JUGA: Libur Telah Tiba, Ini Jalur Rawan Macet dan Kecelakaan di Gunungkidul

Selain memecah event di sejumlah destinasi secara menyebar, Dispar DIY membuat sejumlah informasi rekomendasi bagi wisatawan agar memiliki sejumlah pilihan dalam merayakan libur Nataru. Informasi tersebut diharapkan menjadi petunjukan bagi wisatawan yang berlibur di Jogja.

“Misalnya seperti event di Breksi dari sore ada pementasan diakhiri wayang kulit. Kemudian di Wediombo ada surfing,” katanya.

Singgih mengatakan petugas akan memberikan berbagai informasi terkait layanan bagi wisatawan. “Melalui pos kami akan memantau untuk melihat bagaimana kapasitas suatu destinasi wisata. Ketika satu destinasi sudah penuh, wisatawan dialihkan ke destinasi terdekat,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement