Advertisement

Bupati Akui Masih Banyak Jalan di Gunungkidul yang Rusak

David Kurniawan
Selasa, 20 Desember 2022 - 18:07 WIB
Arief Junianto
Bupati Akui Masih Banyak Jalan di Gunungkidul yang Rusak Bupati Gunungkidul Sunaryanta menyelesaikan lari dalam acara peresmian jalan Tambakromo-Semin. Selasa (20/12/2022) pagi. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, Gunungkidul — Bupati Gunungkidul, Sunaryanta meresmikan jalan yang menghubungkan Tambakromo, Ponjong dengan Semin sepanjang 4,7 kilometer, Selasa (20/12/2022). Ia tidak menampik hingga sekarang masih banyak kondisi jalan di Gunungkidul yang masih rusak.

“Untuk Tambakromo penghubung Semin yang dulunya rusak sekarang sudah mulus karena sudah selesai diperbaiki,” katanya, Selasa siang.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Dia berharap dengan perbaikan ini tidak hanya mempermudah akses bagi masyarakat. Namun demikian, juga dapat menjadi pendongkrak untuk pertumbungan ekonomi yang lebih baik lagi.

Meski demikian, Sunaryanta tidak menampik perbaikan jalan di Gunungkidul belum selesai secara menyeluruh. Pasalnya, hingga sekarang dari total ruas 1.150 kilometer masih ada yang rusak. “Kondisinya memang bervariasi ada yang sudah bagus, tapi juga ada yang rusak,” katanya.

BACA JUGA: Begini Hasil Indeks Kerawanan Pemilu di Gunungkidul

Menurut dia, untuk perbaikan dilakukan secara bertahap karena kemampuan anggaran daerah yang dimiliki masih terbatas. “Memang harus ada skala prioritas dalam proses perbaikannya. Tapi, kami berkomitmen dalam upaya memberikan akses yang baik ke masyarakat,” katanya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul, Irawan Jatmiko mengatakan perbaikan jalan Tambakromo-Semin menelan biaya sekitar Rp9 miliar dan telah selesai dikerjakan. “Sudah selesai dan dengan diperbaikinya ruas sepanjang 4,7 kilometer, maka seluruh ruas sudah dalam kondisi yang bagus,” katanya.

Untuk perbaikan di tahun ini, DPUPRKP juga melaksanakan pembangunan di jalan Pacarejo, Semanu sepanjang 3,5 kilometer. Total anggaran perbaikan mencapai Rp4,7 miliar.

Menurut Irawan upaya perbaikan terus dilakukan. Hasil pendataan lapangan dari ruas jalan kabupaten sepanjang 1.150 kilometer, kondisi yang baik dan sedang baru sekitar 40%.

Adapun sisanya sepanjang 60% kondisinya masih rusak. Untuk tingkat kerusakan bervariasi mulai dari rusak ringan hingga berat.

“Butuh anggaran besar guna menyelesaikan jalan rusak secara menyeluruh. Tetapi, kondisinya belum memungkinkan karena keterbatasan anggaran sehingga perbaikan dengan menetapkan skala prioritas,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Minta Seluruh Kader Kecamatan Menangkan Prabowo, Sekjen Gerindra Klaim Demi Selamatkan Rakyat

News
| Minggu, 05 Februari 2023, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Sungai Ini Punya Air Super Jernih, Hingga Perahu yang Melintas Seperti Melayang di Udara

Wisata
| Sabtu, 04 Februari 2023, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement