Advertisement

Tak Kudu Harus ke Kota, Tiga Tempat di Bantul Ini Siap Gelar Acara Seru Tahun Baru

Andreas Yuda Pramono
Rabu, 28 Desember 2022 - 19:07 WIB
Arief Junianto
Tak Kudu Harus ke Kota, Tiga Tempat di Bantul Ini Siap Gelar Acara Seru Tahun Baru Puncak Sosok. - Instagram puncak_sosok

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL — Ada tiga kawasan wisata di Kabupaten Bantul yang menggelar acara khusus merayakan pergantian tahun. Dengan begitu, konsentrasi wisatawan yang akan merayakan malam Tahun Baru bisa dipecah. Tak harus ke Kota Jogja, tetapi bisa cukup menikmatinya di Bantul.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul, Kwintarto Heru Prabowo mengatakan ketiga lokasi tersebut berada di Pantai Gua Cemara, Puncak Sosok, dan Bojong Asri. “Harapan kami wisatawan tidak hanya terpusat di titik nol,” kata Kwintarto dihubungi pada Rabu, (28/12/2022).

Advertisement

Acara tersebut bukan hasil inisiasi dari Dispar Bantul, tetapi murni inisiasi pengelola ketiga tempat wisata tersebut. Pasalnya, sejak awal Dispar Bantul memang tidak memiliki anggaran untuk menggelar acara di akhir tahun.

Kasi Promosi dan Informasi Data Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi, mengatakan agar dalam menyelenggarakan acara tahun baru, penyelenggara harus memperhatikan keamanan dan kenyamanan wisata.

“Jangan sampai nantinya melebihi kapasitas tempat dan ruangan. Kemudian juga tetap mengedepankan protokol kesehatan karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19,” kata Markus, Rabu.

BACA JUGA: Pemkab Bantul Yakin Datangkan 150.000 Wisatawan, Dispar: Asalkan Tak Hujan

Pria yang sering disapa Ipung ini mengajak masyarakat untuk dapat merayakan malam tahun baru di beberapa titik kawasan di Bantul termasuk tiga kawasan wisata di atas. “Jangan lupa jaga keselamatan diri, tertib di jalann dan jaga kebersihan dimanapun anda merayakan pergantian tahun,” katanya.

Di pihak lain, pengelola Puncak Sosok, Rudi Haryanto, menegaskan pihaknya telah siap dalam menyambut wisatawan yang akan merayakan malam tahun baru. Katanya, di Puncak Sosok akan ada live music dan perayaan lain yang meriah.

“Kami juga sudah menyiapkan panggung baru yang lebih bagus, aman, dan kuat serta lebih tertutup,” kata Rudi dihubungi pada Rabu, (28/12/2022).

Rudi memastikan tidak akan ada kemcetan karena jalan pulang dari Puncak Sosok dibuat satu arah. Sehingga tidak akan terjadi penumpukan yang membahayakan keselamatan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Bantul, Singgih Riyadi, mengatakan pihaknya akan mendirikan 3 Pos PAM dan 1 Pos Induk guna memantau dan mengurasi lalu lintas bekerja sama dengan Polres Bantul.

“Tiap pos kami tempatkan dua sampai tiga personel. Kemudian, di titik-titik simpul kemacetan juga kami tempatkan personel,” kata Singgih, Rabu (28/12/2022).

Titik-titik yang diprediksi menjadi simpul kemacetan antara lain di simpang tiga Tembi, simpang empat Manding, Bakulan, hingga simpang empat Ngangkruksari, lalu sebelum dan setelah jembatan Kretek I, dan TPR Parangtritis, serta di depan Hotel Gandung.

Lebih jauh, Dishub akan menempatkan petugas di Gabusan, kompleks Paseban Parasamya, dan Pasar Bantul. Tiga tempat tersebut sering menjadi titik berkumpul ketika perayaan Malam Tahun Baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jadwal Pemadaman Listrik, Jumat 27 Januari 2023: Wates dan Wonosari Kena Giliran

News
| Jum'at, 27 Januari 2023, 07:07 WIB

Advertisement

alt

Kemenparekraf Optimistis Jumlah Wisatawan 2023 Naik

Wisata
| Kamis, 26 Januari 2023, 08:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement