Advertisement

Penumpang Kereta yang Datang dan Turun di Stasiun Jogja Malam Tahun Baru Siap-Siap Terkena Macet

Newswire
Sabtu, 31 Desember 2022 - 15:27 WIB
Bhekti Suryani
Penumpang Kereta yang Datang dan Turun di Stasiun Jogja Malam Tahun Baru Siap-Siap Terkena Macet Ilustrasi Stasiun Tugu Yogyakarta

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA— PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta mengimbau calon penumpang datang lebih awal ke stasiun guna mengantisipasi potensi kepadatan lalu lintas saat malam pergantian tahun sehingga terhindar dari keterlambatan naik kereta api.

"Pada masa libur akhir tahun, terjadi peningkatan volume kendaraan yang melintas termasuk di malam pergantian tahun. Oleh karenanya, kami mengimbau kepada seluruh penumpang untuk memperhitungkan potensi kepadatan tersebut dengan berangkat lebih awal agar tidak tertinggal kereta," kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta Franoto Wibowo di Yogyakarta, Sabtu (31/12/2022).

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Di Yogyakarta, Stasiun Tugu dan Lempuyangan berada di pusat kota dan dekat dengan titik keramaian masyarakat yang ingin merayakan malam pergantian tahun yaitu di kawasan Malioboro, sehingga penumpang perlu memperhitungkan waktu perjalanan menuju stasiun karena dimungkinkan membutuhkan waktu tempuh lebih lama dibanding saat tidak dalam masa liburan.

Pemerintah Kota Yogyakarta akan memberlakukan manajemen rekayasa lalu lintas saat malam pergantian tahun di antaranya, sistem buka tutup di seputar kawasan Malioboro dan kawasan Tugu serta menutup simpang empat Plengkung Gading ke utara dan Teteg Stasiun Tugu.

Selain kondisi lalu lintas yang lebih padat, imbauan untuk datang lebih awal ke stasiun juga disebabkan kondisi stasiun yang masih dipadati penumpang yang naik dan turun.

BACA JUGA: Kasus Sewa Hotel Event Kemenag di Jogja, Pihak EO Hanya Terima Rp30 M dari Total Rencana Belanja Rp68 M

Pada 29 Desember hingga pukul 13.00 WIB, total penumpang dari seluruh stasiun di Daop 6 Yogyakarta mencapai 472.438 penumpang dan meningkat menjadi 491.137 penumpang pada 30 Desember, baik penumpang yang datang maupun berangkat.

"Sedangkan pada pagi ini, 31 Desember hingga pukul 06.00 WIB, jumlah penumpang yang turun tercatat 258.455 orang dan 245.660 penumpang yang berangkat. Jadi, kondisi stasiun memang masih sangat ramai," katanya.

Daop 6 Yogyakarta, lanjut Franoto, tetap memberlakukan kebijakan penerapan protokol kesehatan meskipun pemerintah sudah mencabut aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada Jumat (30/12/2022).

"Masker tetap diwajibkan dalam seluruh layanan kereta api. Jika nanti ada update terbaru mengenai ketentuan perjalanan, maka akan segera kami informasikan ke masyarakat," katanya.

Setiap penumpang juga wajib memenuhi ketentuan terkait vaksinasi merujuk pada Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 84 Tahun 2022 tentang petunjuk pelaksanaan perjalanan orang dalam negeri dengan transportasi perkeretaapian pada masa pandemi COVID-19.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AP I Mengaku Belum Terima Info soal Pengurangan Jumlah Bandara Internasional

News
| Selasa, 07 Februari 2023, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Ikuti Post-tour ATF, Banyak Peserta Terkesan dengan Objek Wisata DIY

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 10:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement