Advertisement

TPST Piyungan Penuh! Begini Siasat Pemkab Sleman Menangani Sampah

Anisatul Umah
Rabu, 04 Januari 2023 - 20:17 WIB
Bhekti Suryani
TPST Piyungan Penuh! Begini Siasat Pemkab Sleman Menangani Sampah Sejumlah armada pengangkut sampah lalu lalang di sekitar TPST Piyungan, Rabu (23/12/2020). Setelah ditutup warga beberapa hari terakhir, kini TPST Piyungan dibuka kembali. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman melakukan beberapa upaya untuk menekan produksi sampah. Seperti membangun Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) hingga gerakan pilah sampah rumah tangga.

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa mengatakan evaluasi akan dilakukan pada gerakan pilah sampah ini. Mencari tahu apa saja kekurangan dan kendala di dalam program yang sudah berjalan.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

"Kemarin sudah dilaksanakan, dikampanyekan oleh Bu Bupati untuk pilah sampah. Kami belum terima laporan dari Dinas, tapi mungkin nanti akan kami evaluasi, apakah ada kekurangan," ucapnya, Rabu (4/1/2023).

Melalui gerakan ini diharapkan residu sampah yang dibuang bisa diseleksi sehingga volume sampah berkurang. Selain melalui gerakan pilah sampah, upaya lainnya dengan membangun TPST.

Sleman berupaya membuat tempat pengolahan sampah sendiri. TPST yang sudah deal untuk dibangun tahun ini adalah TPST di Kalasan. Sambil berjalan TPST di titik-titik lain juga akan dibangun.

"Sleman kan ada tiga tempat di Sleman. Barat, tengah, dan Timur, tapi yang sudah clear persyaratan adan lokasinya adalah Sleman Timur. Tengah dan Barat nanti menunggu terkait dengan anggaran dan juga dengan izin-izin yang ada," ucapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan masih ada beberapa persyaratan yang harus diselesaikan. Dia berharap tiga lokasi bisa dirampungkan karena Sleman merupakan penyumbang sampah terbesar di DIY.

"Tapi doain saja, kalau bisa selesai [tiga lokasi] alhamdulillah," lanjutnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Sleman Dwi Anta Sudibya mengatakan TPST akan dibangun di empat lokasi dan tiga di antaranya selesai tahun ini.

Wilayah yang akan menjadi tempat pendirian TPST adalah Kalasan, Caturtunggal, Sendangrejo, dan Turi. Namun, rencana pembangunan TPST di Turi masih dalam tahap negosiasi.

BACA JUGA: Sebelumnya Disebut Sultan Ilegal, Kios di Jalan Perwakilan Malioboro Disegel Aparat

Keempat TPST itu akan menampung sampah dari semua wilayah di Sleman sehingga tidak ada sampah dari Sleman yang dibuang ke Piyungan. Saat ini, TPST Piyungan menampung sampah dari Kota Jogja, Sleman, dan Bantul. Kapasitas TPST Piyungan sudah penuh pada tahun ini.

"Kami tahu jadwal Piyungan akan habis di 2023 sehingga kami mengejar waktu. Mudah-mudahan akhir tahun ini minimal tiga TPST sudah operasi," ucapnya, Senin (2/1/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Akan Tetapkan Vaksin Booster Berbayar Rp100.000

News
| Rabu, 08 Februari 2023, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Meski Ada Gempa, Minat Masyarakat ke Turki Tak Surut

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement