Advertisement

Sempat Viral, Kini Akses JJLS ke Jembatan Rowari Tepus Malah Ditutup

David Kurniawan
Selasa, 10 Januari 2023 - 11:17 WIB
Sunartono
Sempat Viral, Kini Akses JJLS ke Jembatan Rowari Tepus Malah Ditutup Salah seorang pekerja menutup akses di JJLS yang menuju Jembatan Rowari di Kalurahan Tepus, Tepus. Senin (10/1/2023). - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Jembatan Rowari yang terletak di Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) di Kalurahan Tepus, Tepus, Gunungkidul viral karena banyak dikunjungi warga di setiap sore. Meski demikian, sejak Senin (9/1/2023) akses menuju lokasi ditutup dengan dalih jalan belum resmi dibuka untuk umum.

Penutupan bisa dilihat di utara Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Baron terdapat pagar yang menutup seluruh bahu jalan di JJLS yang menuju wilayah Tepus. Kondisi yang sama juga terlihat di dekat pos TPR Sidoharjo juga dipasangi pagar penutup sehingga tidak bisa lewat untuk menuju ke jembatan.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

BACA JUGA : Belum Resmi Dibuka, Jembatan Rowari di JJLS Tepus Jadi 

Lurah Tepus, Gunungkidul Hendro Pratopo mengatakan, penutupan ke JJLS dilaksanakan pada Senin. Praktis dengan ditutupnya akses tersebut, maka pengunjung tak bisa lagi mendatangi Jembatan Rowari yang sempat ramai dikunjungi warga setiap sore.

“Bahkan yang di dekat TPR Sidoharjo tidak hanya ditutup dengan pagar, tapi ada petugas yang menjaganya,” kata Topo, sapaan akrabnya saat dihubungi wartawan, Selasa(10/1/2023).

Dia menjelaskan, penutupan dilakukan karena pembangunan belum diserahterimakan. Topo berharap agar hal ini segera diselesaikan sehingga jalur bisa kembali dibuka untuk umum.

Menurut dia, Jembatan Rowari yang viral ternyata bisa mendongkrak nilai ekonomi. Pasalnya, dengan kedatangan pengunjung ada warga yang memanfaatkan untuk mengais rejeki dengan berjualan di sekitar lokasi.

BACA JUGA : Jembatan Sepanjang 120 Meter Ini Bisa Jadi Ikon Baru

“Kalau bisa cepat dibuka. Apalagi pengerjaan sudah selesai dan kontraknya berakhir pada Desember 2022. Jadi, harapannya bisa segera dibuka lagi,” katanya.

Asisten Pelaksana Satuan Kerja (Satker) Pelaksana Jalan Nasional (PJN) DIY, Wahyu Widyantoro saat dikonfirmasi membenarkan akses JJLS segmen Tanjungsari-Tepus kembali ditutup. Menurut dia, jalan belum dibuka untuk umum, tapi selama libur akhir tahun difungsikan secara darurat guna mengantisipasi adanya kemacetan.

“Jadi penutupan dilakukan lagi karena memang belum dibuka untuk umum,” katanya.

Dia menjelaskan, untuk pembukaan secara resmi masih menunggu uji laik fungsi. Pengujian dilakukan karena status jalan yang masih baru. “Pembukannya masih menunggu hasil uji laik fungsi di JJLS dan sekarang belum dilakukan pengujian,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Peringati Satu Tahun Perlawanan, Warga Wadas Gelar Pentas Seni dan Dirikan Patung

News
| Kamis, 09 Februari 2023, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Hyatt Regency Yogyakarta Hadirkan Sunday Brunch dengan Live Painting

Wisata
| Kamis, 09 Februari 2023, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement