Advertisement

Status Selter Covid-19 Dicabut, Tower 1 Rusunawa Bener Segera Ditempati Warga

Yosef Leon
Kamis, 19 Januari 2023 - 13:57 WIB
Sunartono
Status Selter Covid-19 Dicabut, Tower 1 Rusunawa Bener Segera Ditempati Warga Suasana Tower 1 Rusunawa Bener yang rencananya akan difungsikan sebagai hunian warga setelah beberapa tahun terakhir jadi tempat penampungan pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri, Kamis (19/1/2023). - Harian Jogja/Yosef Leon.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Pemerintah Kota Jogja segera mengembalikan fungsi Tower 1 rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) Bener yang berlokasi di Kemantren Tegalrejo menjadi hunian warga. Bangunan itu selama beberapa tahun terakhir menjadi tempat penampungan pasien Covid-19 yang menjalankan isolasi mandiri. 

Tower 1 Rusunawa Bener Tegalrejo sejak dua pekan terakhir sudah tidak lagi menerima pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri. Bahkan saat pandemi Covid-19 melandai pada tahun lalu, pasien Covid-19 yang masuk ke tempat itu hanya satu dua orang saja. Fungsinya pun dikembalikan seperti Tower 2 yang lebih dulu disewakan kepada warga setempat. 

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

BACA JUGA : Pemkot Jogja Segera Bangun Rusunawa Bener Tower 3

Kepala UPT Pengelolaan Rusunawa Kota Jogja Wisnu Windarto menjelaskan, tower 1 nantinya akan dihuni oleh warga Jogja yang ber-KTP setempat dengan syarat masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan sudah berkeluarga. Total ada 44 unit ruangan yang tersedia pada bangunan bertingkat tiga itu. Rusunawa Bener juga menyediakan sejumlah fasilitas perabot rumah tangga yang belum disediakan di Rusunawa lain.

"Untuk penghuni kita tinggal memanggil saja, karena pendaftaran sudah dibuka pada tahun lalu. Ada sebanyak 160 berkas yang masuk ke kita dan baru 40-50 penyewa yang ditempatkan di Tower 2. Sisanya nanti akan kita panggil untuk mengisi di Tower 1," kata Wisnu. 

Pihaknya menargetkan dalam waktu dekat status selter isolasi Covid-19 di Rusunawa Bener segera dicabut agar bisa dihuni warga setempat. Nantinya berkas calon pendaftar yang sudah masuk akan dikonfirmasi ulang dan diwawancarai. Rusunawa itu akan disewakan dengan tarif Rp500.000-Rp600.000 per bulan dengan masa sewa selama tiga tahun, sehingga bisa ditempati oleh warga lain. 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPKP) Kota Jogja, Hari Setyo Wacono menyebut, sebelum dihuni oleh warga, petugas akan melakukan pengecekan terhadap sarana dan prasarana pendukung di Rusunawa itu. Penggunaan bangunan yang selama ini difungsikan sebagai selter Covid-19 disebutnya perlu penyesuaian ulang dengan kondisi hunian tinggal. 

BACA JUGA : Butuh Rumah Murah di Jogja, Rusunawa Bener Mulai 

"Tentu kita akan cek berkaitan dengan kondisi bangunan, apabila ada kerusakan maka segera kita perbaiki. Termasuk pemeliharaan sudah ada di anggaran 2023 ini untuk Rusunawa Bener," kata Hari. 

Sekretaris Daerah Kota Jogja Aman Yuriadijaya menyebut, ditargetkan akhir Januari ini persiapan dalam pengembalian fungsi Rusunawa itu selesai dilakukan, sehingga pada Februari para calon pendaftar sudah bisa menggunakan tempat itu. Dalam waktu dekat pencabutan status selter Covid-19 di Rusunawa itu akan diajukan kepada Pj Walikota untuk dijadikan tempat tinggal warga. 

"Karena memang kita lihat kondisi di lapangan Covid-19 sudah relatif landai dan cenderung menurun, makanya kita akan sewakan kembali. Ke depan kalaupun terdapat kondisi darurat, mudah-mudah tidak ya, rumah sakit di Jogja akan melakukan perubahan yang proporsional," ucap Aman. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

OJK Cabut Izin Bank Bagong

News
| Jum'at, 03 Februari 2023, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Pemugaran Candi Perwara Prambanan Bakal Tambah Daya Tarik Wisatawan

Wisata
| Jum'at, 03 Februari 2023, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement