Advertisement

Polres Bantul Akan Gelar Operasi Keselamatan Progo 2 Pekan, Catat Tanggalnya!

Andreas Yuda Pramono
Jum'at, 20 Januari 2023 - 15:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Polres Bantul Akan Gelar Operasi Keselamatan Progo 2 Pekan, Catat Tanggalnya! Polres Kulonprogo melakukan tindakan tilang ditempat terhadap pelanggar dalam Operasi Progo Patuh 2018, Karangnongko, Kecamatan Wates, Jumat (27/4/2018). - Harian Jogja/Beny Prasetya

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Polres Bantul akan menggelar Operasi Keselamatan Progo bagi pengendara selama dua pekan di bulan Februari.

Wakapolres Bantul melalui Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry Prana Widyana, mengatakan operasi tersebut akan digelar mulai tanggal 7-20 Februari 2023.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

“Operasi ini akan melibatkan 150 anggota Polres Bantul serta gabungan personel TNI dan instansi terkait,” kata Jeffry dihubungi pada Jumat (20/1/2023).

Selama operasi, Polres Bantul akan melaksanakan penindakan terhadap lima pelanggaran lalu lintas yaitu kendaraan bermotor (ranmor) roda dua dan empat dengan knalpot tidak standar pabrik, motor tidak sesuai standar pabrik, ranmor dengan sirine yang bukan peruntukannya, tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) tidak sesuai dengan aturan, dan helm standar bagi pengguna ranmor maupun yang berboncengan.

Baca juga: Terdampak Proyek Tol Jogja-Bawen, Cagar Budaya Ndalem Mijosastran Bakal Direlokasi, Kapan?

Jeffry kembali menegaskan bahwa kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas. Selain itu juga menurunkan angka pelanggaran dan menurunkan angka kecelakaan.

Lebih jauh, Jeffry mengatakan Polres Bantul terus berupaya meminimalisir angka kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Bantul. Salah satu upaya yang telah dilakukan baru-baru ini adalah dengan meluncurkan program baru bernama Si Peka atau Polisi Patroli Cegah Laka.

“Si Peka merupakan patroli oleh polisi lalu lintas (Polantas) untuk mewujudkan keselamatan, tertib, lancar dalam berlalu lintas,” katanya.

Patroli tersebut, kata Jeffry, bukan hanya untuk menjaga keamanan wilayah Bantul namun juga memberikan imbauan kepada para pengendara untuk bijak berkendara demi keselamatan diri dan orang lain.

Program Si Peka mulai dilaksanakan awal tahun 2023 menindaklanjuti tingginya angka laka lantas di Bantul pada tahun 2022.

Sementara itu, Dinas Perhubungan Bantul merilis angka kecelakaan di tahun 2022 yang mencapai 1.917 kejadian dengan 700 diantaranya terjadi di jalan kabupaten dan desa. Dengan alasan tersebutlah, Dishub Bantul kemudian memetakan jalan-jalan atau akses menuju Ring Road.

Setelah pemetaan, Dishub akan memasang rambu-rambu maupun pita penggaduh sehingga kendaran dapat mengurangi kecepatan ketika akan masuk ke Ring Road.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Update! Korban Tewas Gempa Turki dan Suriah Sudah Lampaui 5.000 Jiwa

News
| Selasa, 07 Februari 2023, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Kampung Batik Giriloyo yang Sempat Terpuruk Karena Gempa 2006

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 13:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement