Advertisement

Curhat Pedagang Teras Malioboro 2 Berkali-kali Direlokasi

Yosef Leon
Senin, 23 Januari 2023 - 16:37 WIB
Bhekti Suryani
Curhat Pedagang Teras Malioboro 2 Berkali-kali Direlokasi PKL Malioboro mulai melihat lokasi Teras Malioboro 2 yang menjadi tempat baru. Mereka mulai menata tempat pada Selasa (1/2/2022). - Harian Jogja/Sunartono.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA– Pedagang yang menempati Teras Malioboro 2 akan kembali direlokasi menyusul rencana pembangunan Jogja Planning Gallery (JPG) oleh Pemda DIY. Lokasi baru yang disiapkan disebut-sebut berada di seputaran area Teras Malioboro 1. Paguyuban pedagang yang menempati lapak di Teras Malioboro 2 menyebut telah mengetahui informasi pemindahan itu namun masih menunggu informasi resmi dari pemerintah. 

Ketua Koperasi Paguyuban PKL Malioboro Tri Dharma Rudiarto menjelaskan, sejak awal Teras Malioboro 2 memang ditempatkan sebagai selter sementara bagi para pedagang sambil menunggu tempat baru yang disediakan Pemda DIY. Teras Malioboro 2 nantinya akan menjadi lokasi dari rencana pembangunan JPG yang direncanakan mulai dibangun pada 2024 atau 2025 mendatang. 

Advertisement

"Infonya nanti pedagang Teras Malioboro 2 dipindahkan ke seputaran area Teras Malioboro 1. Tapi kapan dan bagaimana prosesnya kita masih menunggu dari Pemda," katanya, Senin (23/1/2023). 

Rudiarto menyebut, pedagang sebenarnya berat hati untuk dipindahkan lagi ke lokasi baru. Sebab perlu adaptasi dan penyesuaian ulang dengan tempat yang baru. Sementara Teras Malioboro satu baru ditempati satu tahun setelah sebelumnya juga dipindahkan dari sepanjang pedestrian Malioboro. 

"Ditambah lagi sekarang ini kan pedagang sudah mulai merasakan dampak dari relokasi di Teras Malioboro 2. Omzet pelan-pelan sudah mulai [naik] meskipun belum 100 persen seperti di pedestrian dulu, kalau dipindahkan tentu harus penyesuaian lagi. Sekarang masih fokus yang disini saja belum pikir yang lain," katanya. 

Rudiarto menyebut total ada sebanyak 1.041 pedagang yang kini menempati lapak di Teras Malioboro 2. Sejumlah pedagang itu merupakan anggota dari tiga paguyuban yakni paguyuban pedagang nol kilometer, Tridarma dan Paguyuban Pedagang Lesehan Malioboro (PPLM) dengan jumlah pedagang dari Tridarma sebanyak 923 orang. 

"Kalau pembangunan kemungkinan besar itu masih lama, perkiraan kita di 2025 lah ya sambil menunggu gedung baru tempat lokasi pedagang siap," ucapnya. 

BACA JUGA: Keseharian Terduga Teroris Sleman, Jadi Driver Ojol & Aktif ke Masjid

Rudiarto menyebut, tempat yang nantinya disiapkan sebagai lokasi baru pedagang Teras Malioboro 2 hendaknya memperhatikan akses, sirkulasi pengunjung maupun pendampingan dari pemerintah berkaitan dengan upaya promosi. Jangan sampai keberlanjutan pedagang tidak disiapkan dengan matang di lokasi yang baru itu. 

"Intinya bisa meyakinkan pedagang bahwa di tempat baru akan lebih bagus dan pedagang bisa mandiri serta menjadi magnet baru bagi wisatawan yang ke Malioboro," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Ungkap Peran Tujuh Tersang Baru Kasus Korupsi Emas Antam

News
| Jum'at, 19 Juli 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia Surganya Solo Traveler di Asia Tenggara

Wisata
| Kamis, 18 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement